apa itu penyakit tumor

Penyakit Tumor | Apa itu Penyakit Tumor, Berikut Ini Adalah Penjelasannya

Apa Itu Penyakit Tumor ?

apa itu penyakit tumorPenyakit Tumor – Pengertian tumor sering disebut-sebut oleh masyarakat tetapi kebanyakan dari mereka justru belum bisa memahami apa yang dimaksud dengan penyakit tumor.

Tak sedikit masyarakat yang justru menganggap tumor sama dengan kanker.

Padahal sebetulnya kedua penyakit ini berbeda. Dengan demikian agar anda bisa membedakan antara tumor dan kanker sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian penyakit tumor.

Mengenal Penyakit Tumor

penyebab tumor tumor pada tubuhPenyakit tumor bukan menjadi jenis penyakit yang asing bagi sebagian besar masyarakat. Banyak orang yang mengartikan tumor adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya benjolan atau pertumbuhan daging yang tidak normal.

Sebetulnya anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab menurut dunia media, pengertian tumor adalah adanya pertumbuhan jaringan abnormal di dalam tubuh seseorang.

Munculnya pertumbuhan jaringan yang abnormal tersebut bisa disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan yang terjadi antara pertumbuhan dengan regenerasi sel. Biasanya pertumbuhan jaringan yang abnormal tersebut tak dibutuhkan oleh tubuh.

Penyakit tumor terjadi akibat pertumbuhan sel-sel baru yang tidak seimbang yang seharusnya muncul untuk menggantikan sel lama yang tidak berfungsi lagi sehingga memicu timbulnya penyakit tumor.

Secara lebih jelasnya, gejala tumor dapat ditandai dengan adanya benjolan yang muncul secara tidak normal pada pertumbuhan sel pada organ tubuh.

Pastinya dengan adanya pertumbuhan sel yang berubah menjadi benjolan akan berdampak pada terjadinya gangguan keseimbangan fungsi organ tubuh.

Dengan demikian organ tubuh tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan berpengaruh pula pada kondisi tubuh yang semakin memburuk.

Perlu Anda ketahui bahwa tumor juga berbeda dengan penyakit kista maupun bisul atau abses.

Penyakit tumor ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu tumor jinak serta tumor ganas. Biasanya di Indonesia, istilah tumor sering dikaitkan dengan tumor jinak.

Padahal tumor yang jinak juga harus diwaspadai meskipun kebanyakan memang tidak membahayakan.

Selain itu biasanya tumor yang jinak memiliki kemungkinan untuk berkembang sehingga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan, organ di dekatnya maupun saraf. Tetapi hal tersebut biasanya juga bergantung pada lokasi tumor tersebut.

Jika dibiarkan lama kelamaan tumor akan membesar dan menjadi penyakit yang cukup serius misalnya saja tumor otak. Kebanyakan orang-orang yang menderita tumor harus segera dilakukan upaya pengangkatan dengan jalan operasi agar tumor tersebut tidak mengganggu kerja organ di dalam tubuh.

Jenis-jenis Penyakit Tumor

jenis-jenis tumor otak ganas dan tumor otak jinakSetelah memahami pengertian penyakit tumor, selanjutnya perlu Anda ketahui pula agar semakin memahami apa itu penyakit tumor yaitu mengenal juga beberapa jenis tumor.

Sebetulnya di dunia ini jenis tumor tidak hanya terbatas pada tumor jinak dan tumor ganas. Sebab sebetulnya terdapat banyak jenis tumor yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis penyakit tumor yang perlu Anda ketahui.

  • Tumor Otak

Jenis tumor yang satu ini muncul di otak manusia sehingga akan menyebabkan sakit kepala yang disertai mual dan muntah. Akibat adanya tumor otak ini, penderitanya akan mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, keseimbangan bahkan akan mengalami kejang.

  • Tumor Ginjal

Sesuai dengan namanya, tumor ini muncul pada ginjal manusia yang menyebabkan keluarnya darah ketika buang air kecil. Selain itu penderita tumor ginjal akan mengalami lemah, lesu, penurunan berat badan yang drastis serta muncul bengkak dibagian pergelangan kaki.

  • Tumor Payudara

Bagi para wanita perlu waspada jika muncul benjolan di sekitar payudara karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala tumor payudara. Bahkan benjolan yang muncul tersebut akan membuat kondisi payudara menjadi berubah warna, kulit payudara semakin menebal, serta adanya rasa gatal dan sakit pada payudara,

  • Tumor Prostat

Gejala munculnya tumor prostat bisa diketahui jika muncul rasa sakit dibagian pinggang, alat kelamin serta paha. Bahkan penderita juga bisa merasakan nyeri dan sakit ketika buang air kecil.

  • Tumor Kulit

Tumor ini ditandai dengan adanya benjolan semacam kutil pada kulit. Selain itu terdapat pula perubahan warna kulit dan muncul bercak-bercak.

  • Tumor Kandung Kemih

Tumor yang satu ini muncul dengan ditandai adanya darah ketika buang air kecil serta rasa nyeri.

  • Tumor Kolon

Tumor kolon terjadi pada rectum dan ditandai adanya kesulitan buang air besar atau diare yang terus menerus.

  • Tumor Tenggorokan

Biasanya tumor ini muncul disertai dengan batuk yang terus menerus, suara yang parau dan serak.

  • Tumor Paru-paru

Tumor paru-paru ditandai dengan batuk secara terus menerus tetapi keluar dahak bercampur darah serta rasa sakit dibagian dada.

  • Tumor Mulut

Tumor yang satu ini biasanya muncul di gusi atau bibir dan ditandai dengan munculnya luka di bibir yang tak sembuh-sembuh, sariawan serta bengkak pada gusi.

  • Tumor Lambung

Tumor yang muncul di lambung akan menyebabkan sakit di bagian perut, mual, muntah, muntah berdarah susah menelan, tinja berwarna hitam, dan berat badan yang menurun drastis.

Berdasarkan penjelasan diatas Anda bisa memahami pengertian penyakit tumor secara lebih jelas dan mudah.

Artikel Terkait

Summary
Apa itu Penyakit Tumor, Berikut Ini Adalah Penjelasannya
Article Name
Apa itu Penyakit Tumor, Berikut Ini Adalah Penjelasannya
Description
Pengertian tumor sering disebut-sebut oleh masyarakat tetapi kebanyakan dari mereka justru belum bisa memahami apa yang dimaksud dengan penyakit tumor.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments