apa saja jenis-jenis tumor

Jenis-Jenis Tumor yang Umum Terjadi

Cari Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Tumor Yang Umum Terjadi Pada Manusia

jenis-jenis tumor yang terjadi pada tubuh manusiaJenis-Jenis Tumor – Barah atau yang biasa dikenal dengan nama tumor adalah sebutan lesi atau neoplasma padat. Kondisi ini terbentuk akibat dari pertumbuhan tidak wajar pada sel tubuh.

Penampakannya mirip simtoma bengkak. Nama tumor berasal dari bahasa latin yaitu “tumere” yang artinya “bengkak”.

Pertumbuhan tumor bisa digolongkan menjadi tumor ganas (malignant) dan tumor jinak (benign). Tumor merupakan sel-sel bertumbuh secara cepat atau berlebihan. Selain itu, pertumbuhan sel yang berlebihan tersebut tidak mempunyai fungsi apapun bagi tubuh.

Pada sebagian orang, sel yang telah lama justru tidak mati kemudian sel yang baru bertumbuh meskipun tidak dibutuhkan.

Akhirnya sel-sel tersebut jadi berlebihan dan dapat membelah diri terus-menerus hingga terjadilah pembentukan tumor.

Tumor ganas memiliki sebutan lain yaitu kanker. Apabila terjadi kanker, maka lebih berpotensi untuk merusak atau menyerang jaringan organ tubuh yang berada di sekitarnya, lalu terjadi penyebaran (metastasis).

Sedangkan kondisi tumor jinak tak menyerang jaringan organ tubuh yang berada di sekitarnya dan tidak terjadi penyebaran (metastasis).

Penanganan tumor jinak lebih mudah yakni dengan tindakan medis berupa operasi, maka biasanya tumor jinak tersebut tidak akan muncul kembali. Namun pada sebagian orang, tumor jinak juga dapat berubah menjadi tumor ganas (kanker) apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Jenis-jenis Tumor Kategori Jinak Berdasarkan Letaknya

Tumor jinak dapa bertumbuh hingga ukuran yang cukup besar, maupun ditemukan dekat dengan pembuluh darah, saraf, otak, atau organ lain hingga menekan bagian organ tersebut. Hal itu dapat berakibat tumor jinak berubah menjadi kondisi serius sehingga memerlukan tindakan khusus.

Berdasarkan letaknya, klasifikasi tumor jinak dapat terbagi beberapa jenis-jenis tumor, antara lain :

1. Lipoma

Ini merupakan tumor jinak paling umum ditemukan. Lipoma umumnya tumbuh pada sel-sel lemak pada tubuh. Sering kali ditemukan pada lengan, punggung, bahu, maupun leher.

Lipoma dapat dikenali karena ciri-cirinya yakni permukaannya halus, berbentuk bulat, dapat digerak-gerakkan sedikit pada bawah kulit. Penggunaan steroid atau pun dengan tindakan pembedahan merupakan langkah umum untuk pengobatan Lipoma. Terutama bila Lipoma semakin tumbuh membesar atau penderitanya mulai merasakan nyeri.

2. Nevi

Jenis yang satu ini biasa dikenal dengan nama tahi lalat. Dari berbagai jenis-jenis tumor jinak, jenis tumor ini sangat umum terjadi di kulit. Warnanya ada yang pink kecokelatan atau cokelat kehitaman.

Meski tahi lalat tampak wajar tetapi waspadai bila tahi lalat Anda tampak berbeda misalnya terjadi perubahan bentuk, perubahan ukuran, perubahan warna, terasa gatal, atau bahkan berdarah. Bila tahi lalat mengalami kondisi tersebut, maka memiliki risiko lebih tinggi berkembang jadi Melanoma atau kanker kulit.

3. Fibroma atau Fibroid

Tumbuh pada jaringan fibrosa organ. Jenis tumor jinak ini umumnya muncul pada rahim dan lebih terkenal dengan nama fibroid rahim. Meski tidak berbahaya, tumor jinak ini bisa menyebabkan perdarahan hebat pada vagina. Penderitanya juga dapat mengalami nyeri pinggul dan gangguan berkemih.

4. Adenoma

Jenis tumor jinak ini terbentuk pada jaringan epitel melapisi kelenjar. Adenoma yang sering ditemukan ialah polip pada usus besar. Namun Adenoma juga berkemungkinan tumbuh pada organ hati, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, atau pun kelenjar pituitari (bawah otak).

5. Mioma

Jenis tumor jinak ini biasa tumbuh pada otot, misalnya otot polos organ rahim maupun dinding organ pembuluh darah.

6. Hemangioma

Kondisi ini merupakan penumpukan sel-sel pada pembuluh darah kulit maupun organ internal. Biasanya hemangioma ini dikenal sebagai ciri atau tanda lahir dengan warna merah maupun kebiruan.

7. Meningioma

Ini adalah tumor jinak pada membran yang menyelimuti otak maupun sumsum tulang bagian belakang.

8. Neuroma

Jenis tumor jinak ini tumbuh pada saraf.

9. Osteokondroma

Jenis ini merupakan tumor jinak pada tulang memunculkan ciri-ciri yaitu benjolan di sendi seperti bahu atau lutut. Osteokondroma ini pada umumnya menyebabkan nyeri atau rasa tekanan di saraf maupun pembuluh darah.

10. Papiloma

Jenis tumor jinak ini tumbuh pada jaringan epitel leher rahim, kulit, saluran payudara, maupun selaput lendir hingga menutup bagian dalam konjungtiva (kelopak mata). Jenis tumor ini dapat disebabkan infeksi HPV (human papillomavirus).

Tumor jinak ini juga berpotensi berubah menjadi kanker. Dalam sebagian kasus kondisi tumor jinak memerlukan pemantauan untuk memastikan tumor jinak tersebut tidak berubah menjadi ganas dan menyebabkan masalah. Tindakan pembedahan akan dilakukan jika muncul masalah.

Mengetahui sedari dini bisa membuat kita lebih waspada dan paham akan apa yang harus dilakukan. Penanganan yang cepat tentu bisa membantu kesembuhan lebih cepat.

Artikel Terkait

Summary
Jenis-jenis Tumor Yang Umum Terjadi Pada Manusia
Article Name
Jenis-jenis Tumor Yang Umum Terjadi Pada Manusia
Description
Jenis-jenis tumor sangat banyak namun ada jenis-jenis tumor yang umum ditemukan kasusnya terjadi di tengah masyarakat. Mulai dari yang tingkat keganasannya rendah (jinak) hingga yang tingkat keganasannya tinggi (ganas).
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments