jenis-jenis tumor tulang pada tubuh manusia

Jenis-jenis Tumor Tulang

Jenis-jenis Tumor Tulang

jenis-jenis tumor tulang ganas dan kanker tulang jinakJenis-Jenis Tumor Tulang – Tumor tulang kategori jinak (benign) kasusnya lebih banyak terjadi dibandingkan kasus tumor ganas (malignat).

Walau tidak agresif atau tidak menyerang anggota tubuh lainnya, tumor jinak di tulang berkemungkinan terus berkembang kemudian mengganti jaringan sehat sehingga mengganggu kehidupan.

Jenis-Jenis Tumor Tulang Kategori Jinak

1. Osteochondroma

Jenis tumor jinak ini umumnya menyerang penderita di bawah usia 20 tahun. Tumor tulang osteochondroma bisa berkembang sejak remaja, terutama pada ujung tulang yang panjang misalnya pada kaki dan lengan.

2. Enchondroma

Dalam kebanyakan kasus, jenis tumor ini tak disertai gejala, umumnya terdapat pada kaki atau tangan. Dari berbagai jenis-jenis tumor, Enchondroma menjadi penyebab paling umum terjadinya tumor pada tangan.

3. Osteoid osteoma

Jenis tumor ini menyerang tulang-tulang yang panjang pada tubuh. Namun kebalikan dari osteochondroma, tumor ini lebih banyak menyerang penderita di umur lebih dari 20 tahun.

4. Osteoblastoma

Tumor ini kasusnya banyak ditemukan pada penderita usia dewasa yang masih muda. Umumnya menyerang tulang belakang serta tulang yang panjang di anggota gerak tubuh.

5. Giant cell tumor

Kategori ganas pada kasus tumor ini jarang ditemukan. Dari berbagai jenis-jenis tumor, tumor ini memiliki sel raksasa tersebut umumnya jinak. Giant cell tumor sering ditemukan kasusnya pada tulang kaki.

Jenis-Jenis Tumor Tulang Ganas Atau Primer

1. Chondrosarcoma

Jenis tumor ganas ini biasanya dimulai dari menyerang tulang rawan. Pada kalangan dewasa usia sekitar 40-70 tahun berisiko lebih tinggi. Biasanya kanker tulang ini menyerang tulang bagian lengan, bahu, pangkal paha dan panggul.

2. Osteosarcoma

Dari berbagai jenis-jenis tumor tulang, jenis tumor ini umumnya menyerang usia remaja dan anak-anak. Osteosarcoma lebih banyak ditemukan kasusnya bagian tulang paha, lutut, serta tulang kering.

3. Tumor Sarkoma Ewing

Jenis ini biasanya menyerang penderita dengan kisaran umur 5-20 tahun. Bagian tulang yang biasanya terjangkit ialah kaki bagian bawah dan atas, lengan tangan, serta tulang rusuk.

Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita tumor tulang ialah rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut terutama dirasakan pada daerah tulang yang dijangkiti tumor.

Rasa nyeri tersebut cenderung akan makin parah seiring beratnya kegiatan atau aktivitas yang dikerjakan dan umumnya rasa nyeri dirasa semakin kuat saat malam hari.

Langkah Penanganan Medis Pada Penderita Jenis-Jenis Tumor Tulang

  • Tumor Tulang Kategori Jinak

Penanganannya dengan dilakukan pengawasan perkembangan tumor oleh dokter. Apabila diperlukan, akan diberikan obat-obatan sesuai kondisi penderita.

Namun ada kalanya kasus yang membutuhkan pengangkatan tumor dalam rangka mencegah membesarnya jangkitan tumor pada bagian tersebut, jika memang mengganggu fungsi organ jaringan disekitarnya.

  • Tumor Tulang Kategori Ganas

Butuh tindakan penanganan medis yang khusus, tergantung pada level keganasannya atau separah apa kanker tersebut menyebar pada bagian organ tubuh lainnya.

Terdapat beberapa tindakan diantaranya melakukan pengangkatan tulang yang terserang tumor ganas melalui tindakan bedah, melakukan tindakan amputasi pada tulang bagian tubuh yang diserang tumor ganas, atau dengan tindakan medis kemoterapi.

Artikel Terkait

Summary
Jenis-jenis Tumor Tulang
Article Name
Jenis-jenis Tumor Tulang
Description
Tumor tulang kategori jinak (benigna) kasusnya lebih banyak terjadi dibandingkan kasus tumor ganas (maligna). Walau tidak agresif atau tidak menyerang anggota tubuh lainnya, tumor jinak di tulang berkemungkinan terus berkembang kemudian mengganti jaringan sehat sehingga mengganggu tulang.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments