ciri-ciri tumor dan gejala tumor

Ciri-Ciri Tumor Yang Patut Dicurigai

Ciri-Ciri Tumor Yang Patut untuk Dicurigai

ciri-ciri tumor yang patut dicurigaiCiri-ciri Tumor – Tumor adalah salah satu penyakit yang sering dikaitkan dengan munculnya kanker dalam tubuh seseorang.

Hal tersebut memang ada benarnya mengingat tumor ganas yang menyerang tubuh seseorang cenderung berpotensi menjadi penyakit kanker.

Lebih dari itu, ciri-ciri tumor sangat bervariasi sehingga hal tersebut membuat banyak orang kurang waspada. Bahkan ada pula yang tidak menyadari bahwa tubuhnya sudah digerogoti oleh tumor yang berbahaya.

Ciri-ciri Tumor Yang Patut Dicurigai Setiap Orang

Pernahkah Anda melihat benjolan yang tidak wajar di bagian tubuh? Bisa jadi benjolan yang berada di salah satu bagian tubuh Anda adalah ciri-ciri tumor yang harus diwaspadai.

Agar Anda bisa mendeteksi ciri-ciri lainnya, coba cek informasi berikut ini.

1. Tumor Payudara Ditandai Dengan Benjolan Di Payudara

Salah ciri-ciri tumor yang sebaiknya mulai Anda curigai ialah benjolan di area payudara. Tumor payudara sendiri memiliki gejala khas yaitu berupa munculnya benjolan yang berkarakter. Karakter dari benjolan tersebut adalah bulat, padat, kenyal dan bahkan bisa bergeser apabila diraba. Terkadang benjolan tersebut juga terasa nyeri.

Sebenarnya, selain menjadi indikasi adanya penyakit tumor, benjolan juga seringkali disebut sebagai salah satu tanda penyakit berbahaya lainnya seperti kista payudara maupun kanker payudara.

Karena itu, cobalah untuk mengecek kondisi di sekitar payudara Anda. Lihat, apakah ada benjolan yang terlihat menebal pada area payudara misalnya di area ketiak. Benjolan tersebut biasanya tetap terasa meski masa haid sudah selesai.

2. Tumor Ginjal Ditandai Dengan Nyeri Di Punggung Bawah

Selain tumor pada area payudara, jenis tumor lainnya yang bisa menyerang tubuh adalah tumor ginjal. Salah satu jenis tumor tersebut merupakan penyakit yang berbahaya.

Ciri-ciri tumor pada ginjal bisa dirasakan pada bagian punggung bawah. Nyeri hebat tersebut sangat terasa di bagian punggung bawah dimana punggung bawah tersebut merupakan letak organ dalam ginjal berada.

Sayangnya, banyak orang yang terkecoh dengan ciri-ciri tumor pada ginjal yang satu ini. Mereka mengira nyeri punggung yang dirasakan disebabkan oleh aktifitas yang padat maupun adanya pengeroposan tulang.

Memang rasa nyeri pada bagian punggung bawah bisa disebabkan karena adanya pengeroposan tulang dan tubuh yang kelelahan.

Namun, apabila rasa nyeri yang dirasakan berlangsung secara terus menerus, maka sebaiknya Anda harus mulai memeriksa.

3. Tumor Abdomen Ditandai Dengan Susah BAB

Barangkali, nama tumor abdomen kurang familiar di telinga banyak orang termasuk Anda. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga perlu mewaspadai salah satu jenis tumor yang satu ini.

Tumor abdomen merupakan kondisi dimana pertumbuhan sel dalam tubuh berkembang sangat cepat sehingga mengakibatkan struktur dan bentuk yang berbeda dari sel normal lainnya. Ciri-ciri tumor yang sangat nampak pada penderita tumor abdomen ialah benjolan seperti daging yang letaknya di dalam rongga perut.

Ciri-Ciri Tumor Secara Umum Yang Harus Diwaspadai

Tumor merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat termasuk di Indonesia. Setiap tahunnya jutaan orang di dunia didiagnosis menderita jenis tumor. Sebenarnya, tumor masih bisa ditangani dengan mengurangi faktor risiko.

1. Sakit Kepala

Ada banyak gejala penyakit tumor namun umumnya mereka yang menderita tumor mengalami sakit kepala. Sakit kepala tersebut juga dibarengi dengan tanda-tanda lainnya.

Kejang atau kehilangan pendengaran adalah dua tanda yang menyertai sakit kepada pada penyakit tumor. Sayangnya, seringkali orang meremehkan rasa sakit kepala yang diderita.

Hal ini mengingat sakit kepala bisa dialami setiap waktu. Bahkan sakit kepala tidak hanya menjadi gejala dari penyakit tumor saja. Beberapa penyakit lainnya juga kerap ditandai dengan rasa sakit kepala.

Namun, untuk membedakannya, gejala penyakit tumor ini biasanya dibarengi dengan gejala lainnya. Karena itu, bila Anda sudah mulai merasakan rasa sakit kepala yang terlampau sering, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar penyakit yang Anda derita bisa segera diketahui dan dilakukan langkah penanganan.

2. Muncul Rasa Gatal-gatal

Apakah Anda sering merasakan rasa gatal pada bagian tubuh? Hati-hati! Bisa jadi rasa gatal pada tubuh Anda barangkali terjadi karena kesehatan Anda terganggu.

Rasa gatal yang kita rasakan bisa jadi adalah salah satu tanda bahwa kita menderita tumor jinak. Meski hanya menjadi tanda dari tumor jinak, akan tetapi Anda sebaiknya tidak menyepelekan tanda yang satu ini.

Rasa gatal biasanya juga disebabkan karena adanya iritasi pada kulit. Karena faktor inilah kebanyakan orang terkecoh dengan rasa gatal. Padahal rasa gatal tidak tersebut bisa jadi adalah tanda bahwa Anda terserang tumor jinak.

3. Gangguan Haid

Haid adalah masa yang harus dilalui oleh semua kaum hawa setiap bulannya. Siklus haid masing-masing pun tidak sama tergantung dari kondisi dan kesehatan wanita tersebut.

Nah, bila Anda mengalami gangguan yang tidak jelas penyebabnya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Mengapa demikian? Hal ini karena gangguan pada masa haid juga merupakan salah satu indikasi atau gejala penyakit tumor.

4. Sering Lelah

Gejala penyakit tumor selanjutnya ialah tubuh mengalami rasa lelah yang tidak wajar. Rasa lelah yang tidak wajar di sini maksudnya adalah pada saat Anda tidak melakukan aktifitas yang berat sekalipun, tubuh terasa sangat lelah.

Biasanya rasa lelah yang tidak wajar tersebut juga dibarengi dengan gejala lainnya seperti tidak nafsu makan, berat badan menurun drastis dan kerapkali merasa tidak sehat setiap saat.

Gejala penyakit tumor lainnya ialah tubuh berkeringat di malam hari dan sering demam tanpa sebab yang jelas.

Selain ciri-ciri tumor di atas, masih ada ciri atau gejala lainnya yang muncul pada diri seseorang. Mengingat tumor bisa berkembang menjadi penyakit mematikan seperti kanker, ada baiknya setiap orang melakukan pencegahan sedari dini.

Artikel Terkait

Facebook Comments