penyebab kanker yang menyerang tubuh manusia

Penyebab Kanker Yang Menyerang Tubuh Manusia

Penyebab Kanker Yang Menyerang Tubuh Manusia

faktor terjadinya penyebab kanker Penyebab kanker – Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Kanker sendiri merupakan penyakit yang dikenal dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan bahkan sel kanker memiliki kemampuan untuk menyusup serta merusak sel sehat yang ada di dalam tubuh penderitanya.

Beberapa Penyebab Kanker

Bila dilihat dari jenis sel yang diserang, kanker sendiri sebenarnya terbagi menjadi 5 kelompok diantaranya ialah

  • Karsinoma, adalah kanker yang asalnya dari jaringan kulit.
  • Sarkoma, adalah kanker yang asalnya dari jaringan ikat.
  • Leukemia, adalah kanker yang asalnya dari jaringan pembentuk darah.
  • Limfoma dan Mieloma, adalah kanker yang asalnya dari sel sistem kekebalan tubuh.
  • Kanker di Area Otak dan Sumsum Tulang Belakang, adalah kanker yang asalnya dari jaringan sistem saraf pusat.

Karena pengelompokan tersebut maka ada banyak pula penyebab terjadinya penyakit kanker seperti beberapa faktor penyebab di bawah ini :

1. Penyebab Kanker Akibat Virus

Dari data WHO atau badan kesehatan dunia, setiap tahunnya terdapat ribuan wanita yang meninggal lantaran menderita penyakit kanker serviks. Di tanah air sendiri, angka penderita kanker serviks mencapai sepertiga dari jumlah penderita kanker pada umumnya. Karena itu, jenis kanker yang satu ini menempati urutan pertama penyebab kematian wanita di seluruh dunia.

Nah, berbicara mengenai penyebab kanker khususnya kanker serviks pasti tidak lepas dari yang namanya penyebaran virus. Dalam hal ini, HPV atau Human Papilloma Virus menjadi faktor penyebab kanker serviks. Virus tersebut bahkan disebut-sebut sangat mudah dalam berpindah serta menyebar melalui cairan.

Tak hanya itu, Human Papilloma Virus bisa berpindah hanya dengan sentuhan kulit. WC umum yang konon sudah terinfeksi oleh virus ini pun konon juga bisa menjangkit orang-orang yang menggunakan WC tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa patogenesis kanker bisa dilacak balik ke mutasi DNA. Dimana pathogenesis kanker tersebut bisa menjadi pemicu metastasis dan pertumbuhan sel. Zat yang menjadi penyebab terjadinya mutasi DNA disebut sebagai mutagen dan mutagen inilah yang menjadi penyebab kanker atau disebut juga Carcinogen.

2. Penyebab Kanker Akibat Bakteri

Selain virus, ternyata kanker juga bisa disebabkan oleh bakteri. Terdapat berbagai jenis bakteri yang bisa menimbulkan dampak berbagai jenis penyakit kanker. Misalnya penyakit kanker kandung kemih yang disebabkan oleh bakteri schistosoma bilharzia, kanker pankreas disebabkan oleh bakteri clonorchis sinensis, dan lain-lain.

3. Penyebab Kanker Akibat Kontaminasi Zat kimia

Selain virus HPV, zat kimia juga disebut sebagai penyebab terjadinya penyakit kanker. Keganasan zat kimia dalam menumbuhkan sel kanker di dalam tubuh membuat ahli kimia menyarankan masyarakat untuk lebih hati-hati terutama dalam menggunakan zat kimia berbahaya.

Zat kimia berbahaya bisa menyebabkan mutasi gen pada tubuh seseorang. Zat tersebut disebut juga sebagai mutagen. Sementara zat mutagen yang konon bisa menyebabkan kanker pada tubuh manusia disebut karsinogen.

Rokok adalah salah sastu penyebab kanker memang benar adanya. Sementara pada kaum hawa, pemakaian kosmetik yang didalamnya mengandung zat kimia berbahaya perlahan-lahan akan mengundang penyakit kanker di tubuh.

3. Penyebab Kanker Akibat Keturunan Gen

Satu lagi penyebab kanker yang memang sulit untuk diatasi ialah akibat gen. Gen atau keturunan menjadi faktor yang cukup kuat dalam penyebaran sel kanker . Bila seseorang memiliki keturunan riwayat kanker maka orang tersebut memiliki risiko tingkatan yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat keturunan menderita penyakit kanker.

Dengan kata lain, meski orang tersebut sudah melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi penyebab kanker, namun kecenderungan terkena kanker itu masih lebih besar.

Jenis kanker yang sering diakibatkan karena adanya faktor keturunan atau gen adalah kanker kolon serta kanker payudara. Karena itu kaum hawa yang memang memiliki keturunan gen atau riwayat kanker dalam keluarga disarankan untuk mendeteksi gejala-gejala yang ditimbulkan akibat faktor gen tersebut.

5. Penyebab Kanker Akibat Paparan Radiasi

Radiasi memang tidak bagus bagi tubuh sebab dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker pada seseorang. Biasanya radiasi berasal dari ledakan bom atom, alat elektronik, radio terapi seperti CT Scan maupun Kemoterapi. Dengan demikian sebaiknya hindari paparan radiasi agar tubuh terhindar dari risiko munculnya penyakit kanker.

Penanganan secara dini akan membantu kondisi si penderita itu sendiri di kemudian hari. Apalagi untuk jenis kanker payudara yang sangat berbahaya. Lebih dari itu, faktor penyebab kanker yang satu ini tidak bisa dihindari dengan mudah.

Dengan pendeteksian dini gejala kanker dalam tubuh, bila terjadi penyebaran sel kanker maka dokter bisa melakukan tindakan pencegahan dan penanganan dengan cepat.

Untuk pengobatan kanker secara alami dimana sel sehat / sel normal diperkuat dan melemahkan mutasi sel menjadi kanker, anda dapat mencoba obat kanker alami yaitu ekstrak jamur maitake yang diperkuat dengan MD-Fraction.

Artikel Terkait :

Summary
Penyebab Kanker Yang Menyerang Tubuh Manusia
Article Name
Penyebab Kanker Yang Menyerang Tubuh Manusia
Description
Berbagai faktor penyebab kanker yang menyerang tubuh manusia sehingga kehilangan sistem kekebalan tubuh dapat disebabkan karena virus, bakteri, gen, paparan radiasi maupun zat kimia.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments