jenis jenis penyakit kanker pada manusia

Jenis Penyakit Kanker Pada Tubuh Manusia

Jenis-Jenis Penyakit Kanker Pada Tubuh Manusia

jenis jenis penyakit kanker yang dideritaJenis penyakit kanker pada tubuh manusia sangat beragam dan seperti yang telah diketahui bahwa penderita penyakit kanker kebanyakan berujung pada kematian.

Hal ini pula yang menjadikan penyakit kanker sebagai jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tetapi ada pula penderita kanker yang bisa sembuh dari penyakit tersebut.

Selain itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis penyakit kanker agar nantinya bisa dilakukan upaya pemeriksaan serta pengobatan jika mulai muncul gejala yang aneh pada beberapa bagian tubuh Anda.

Sebab bisa jadi tanda-tanda tersebut merupakan awal mula munculnya jenis penyakit kanker pada tubuh Anda. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit kanker mulai dari sekarang.

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh manusia. Terlebih dari waktu ke waktu semakin banyak ditemukan kasus penyakit kanker dengan berbagai jenis. Dari jenis penyakit kanker tersebut ada sebagian yang sudah sangat familiar bagi masyarakat tetapi ada pula jenis penyakit kanker yang masih asing bagi masyarakat. Berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis penyakit kanker yang menyerang manusia untuk menambah wawasan Anda.

1. Leukimia atau Kanker Darah

Jenis penyakit kanker yang pertama adalah leukimia atau kanker darah. Penyakit kanker darah adalah penyakit kanker yang biasanya menyerang sel darah yang terdapat dalam sumsum tulang. Biasanya dalam kondisi normal, sel darah putih dapat berkembang secara teratur ketika tubuh sedang membutuhkan sel darah putih untuk menyembuhkan infeksi yang muncul.

Bagi penderita kanker darah, sumsum tulang belakang justru memproduksi sel darah putih abnormal dan tidak berfungsi dengan baik. Bahkan jumlah sel darah putih abnormal ini jumlah juga berlebihan dalam tubuh. Kondisi demikian akan menjadi penyebab adanya penumpukan di dalam sumsum tulang dan menyebabkan jumlah sel darah yang bagus dan sehat akan semakin berkurang jumlahnya sehingga memicu timbulnya kanker darah.

2. Kanker Hati

Jenis penyakit kanker yang satu ini berada pada posisi ke tujuh yang diderita wanita sedangkan pada pria menempati posisi kelima. Bahkan terdapat sekitar 85% kasus kanker hati yang terjadi pada Negara yang berkembang. Sebetulnya kanker hati memiliki dua kategori yaitu kanker hati primer, dimana jenis kanker hati ini bisa berakibat fatal dan muncul di organ hati. Berikut adalah kanker hati sekunder yang diawali dengan adanya bagian organ tubuh lain yang terserang penyakit kanker kemudian menyebar hingga ke organ hati.

3. Kanker Kulit Melanoma

Jenis penyakit kanker yang satu ini biasanya diawali muncul pada bagian kulit manusia. Selanjutnya kanker tersebut akan menyebar pada bagian organ tubuh lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa adanya perubahan pada tahi lalat bisa menjadi salah satu gejala munculnya penyakit kanker kulit yang perlu Anda waspadai. Bahkan gejala ini bisa muncul di seluruh tubuh. Tetapi biasanya ada beberapa bagian tubuh yang sering terkena kemunculan penyakit kanker ini yaitu bagian kaki, tangan, wajah dan punggung.

4. Kanker Lambung

Penyakit kanker lambung adalah jenis penyakit yang biasanya menggerogoti lambung. Sebagai bagian dari sistem pencernaan, lambung memiliki peran yang sangat penting untuk mencerna makanan. Tetapi jika lambung mengalami masalah dengan adanya kanker ini tentu akan membuat kerja lambung menjadi terganggu dan bisa berujung pada kematian. Sebetulnya penyakit kanker lambung ini bisa menyerang segala usia tetapi sebagian besar penderitanya adalah orang-orang yang berusia diatas 55 tahun.

5. Kanker Lidah

Ternyata lidah merupakan bagian organ tubuh manusia yang bisa diserang oleh penyakit kanker. Kanker lidah adalah jenis penyakit kanker yang pertumbuhannya berada di sel-sel lidah. Biasanya kanker lidah akan tumbuh pada sel-sel skuamosa yang terdapat pada permukaan lidah. Biasanya jenis kanker lidah ini disebut sebagai karsinoma sel skuamosa.

6. Kanker Mulut

Selain lidah, ternyata kanker juga bisa tumbuh dan berkembang di mulut. Jenis penyakit kanker yang satu ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel kanker pada mulut, mulanya di bagian bibir, gusi, lidah, maupun langit-langit mulut. Bahkan lebih berbahayanya lagi, kanker mulut bisa langsung menyebar pada jaringan sekitar mulut melalui kelenjar getah bening.

7. Kanker Mata

Sesuai dengan namanya, jenis penyakit kanker yang satu ini menyerang mata . Dimana sela-sel kanker tersebut bisa menyerang bagian dalam mata maupun luar mata. Biasanya kanker mata ini muncul akibat adanya penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya.

8. Kanker Otak

Biasanya Anda sering mendengar istilah penyakit tumor otak dimana penyakit ini muncul karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak wajar serta tak terkendali di otak. Tetapi tidak semua tumor bersifat kanker. Sedangkan jenis penyakit kanker otak ganas merupakan tumor yang menyebar secara cepat pada bagian lain otak maupun tulang belakang. Kanker otak dibagi menjadi dua kategori yaitu tumor otak primer yang memang muncul di otak. Kemudian tumor otak sekunder yang menyebar ke otak dari bagian organ tubuh yang sudah terserang kanker. Tetapi biasanya sebagian besar kanker otak ganas disebabkan oleh tumor otak sekunder.

9. Kanker Ovarium

Jenis penyakit kanker ini menyerang para wanita karena sel kanker tersebut tumbuh di ovarium atau indung telur. Kebanyakan kanker ovarium justru menyerang para wanita yang sudah memasuki masa menopause sekitar usia di atas 50 tahun. Tetapi tak menutup kemungkinan kanker tersebut bisa menyerang wanita segala usia.

10. Kanker Pankreas

Pankreas merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pencernaan. Penyebab munculnya penyakit kanker pankreas ini adalah adanya tumor yang tumbuh di pankreas. Sebetulnya kanker pankreas ini bisa menyerang wanita maupun pria. Tetapi lebih sering menyerang orang yang sudah berusia lebih dari 75 tahun.

11. Kanker Paru-paru

Jenis penyakit kanker yang satu ini merupakan jenis kanker yang umum terjadi pada manusia. Tetapi kanker paru-paru adalah jenis kanker yang bisa dicegah meskipun gejala atau tanda-tanda penyakit ini tidak bisa dipastikan secara jelas. Ada beberapa gejala yang bisa menandakan munculnya kanker paru-paru pada seseorang seperti batuk dalam jangka panjang bahkan disertai darah, kehabisan napas, kelelahan tanpa sebab, serta berat badan yang semakin menurun.

12. Kanker Payudara atau Mamae

Jenis penyakit kanker payudara disebut juga kanker mamae ini menyerang para wanita pada bagian payudara. Dalam kondisi normal, sel-sel pada tubuh manusia bisa tumbuh secara normal tetapi jika sel-sel tersebut tumbuh secara abnormal dan menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui peredaran darah. Kondisi demikian yang disebut sebagai kanker yang telah mengalami metastasis.

13. Kanker Prostat

Penyakit kanker prostat merupakan penyakit kanker yang tumbuh di bagian prostat. Seperti yang telah diketahui bahwa prostat adalah kelenjar kecil yang terdapat di panggul pria serta menjadi bagian dari sistem reproduksi.

14. Kanker Rahim

Kanker rahim sering disebut juga sebagai kanker endometrium. Dimana jenis penyakit kanker ini menyerang sel pembentuk dinding Rahim. Selain itu kanker ini bisa menyerang otot di sekitar rahim sehingga akan membentuk sarkoma uteri.

15. Kanker Serviks

Jenis penyakit kanker yang satu ini memang selalu menjadi momok bagi para wanita bahkan tak sedikit penderitanya yang berujung pada kematian. Kanker serviks adalah penyakit kanker yang menyerang leher Rahim wanita dimana leher Rahim adalah pintu masuk dari vagina menuju ke Rahim.

Meskipun gejala awal kanker serviks sulit dideteksi tetapi penderita kanker serviks bisa mengalami pendarahan di vagina setelah berhubungan intim meskipun dilakukan di luar masa menstruasi.

16. Kanker Tenggorokan atau Nasofaring

Jenis penyakit kanker yang satu ini menyerang bagian tenggorokan seperti tonsil, laring dan faring. Tak berbeda dari kanker lidah dan mulut, kanker tenggorokan yang dialami oleh penderitanya merupakan Karsinoma Sel Skuamosa.

17. Kanker Testis

Kanker ini terjadi karena adanya sel-sel kanker yang tumbuh di testis pria. Meskipun jenis kanker ini tergolong langka tetapi biasanya kanker testis menyerang pria berusia 15-49 tahun.

18. Kanker Tiroid

Kanker tirodi merupakan pertumbuhan sel kanker yang terjadi pada kelenjar tiroid. Jenis penyakit kanker ini memang jarang ditemukan dan bisa disembuhkan apabila sudah diketahui sejak awal.

19. Kanker Tulang

Sesuai namanya, jenis penyakit kanker ini menyerang tulang manusia. Tetapi kanker tulang ini dibagi lagi menjadi dua yaitu kanker tulang sekunder yang berasal dari organ tubuh lain yang sudah terserang penyakit kanker lalu menyebar. Kedua adalah kanker tulang primer dimana sel kanker tumbuh dan berkembang di tulang.

20. Kanker Usus

Jenis kanker ini bisa dialami oleh segala usia dan terjadi karena sel kanker menyerang usus besar. Tetapi kebanyakan penderita kanker usus besar berusia lebih dari 60 tahun.

21. Kanker Vagina

Kanker vagina termasuk jenis penyakit kanker yang langka terjadi pada wanita. Tetapi kanker vagina terbagi menjadi dua kategori yaitu kanker vagina primer karena sel kanker tumbuh di vagina serta kanker vagina sekunder karena organ tubuh lain sudah muncul di organ tubuh lain lalu menyebar ke vagina.

22. Kanker Sel Plasma / Multiple Myeloma

Multiple myeloma adalah kanker sel plasma. Sel plasma normal ditemukan di sumsum tulang dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Gangguan sel plasma menjadi sel yang abnormal sehingga merusak sistem kekebalan tubuh penderitanya

 

Untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kanker dengan meningkatkan imun dari sel sehat dan melenyapkan sel abnormal / sel kanker, gunakan jamur maitake sebagai obat kanker yang dipercaya dan teruji untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit kanker.

Artikel Terkait :

Summary
Jenis Penyakit Kanker Yang Pada Tubuh Manusia.
Article Name
Jenis Penyakit Kanker Yang Pada Tubuh Manusia.
Description
Berbagai jenis penyakit kanker sangat berbahaya karena tidak sedikti yang berujung pada kematian namun kabar baiknya juga bisa disembuhkan dengan jamur maitake, ada beberapa jenis penyakit kanker yang perlu diketahui agar kita dapat mencegah dan menyembuhkannya.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments