penyakit kanker tulang

Kanker Tulang | Jenis, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Cara Pengobatannya

Kanker Tulang – Jenis, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Cara Pengobatan Kanker Tulang

penyakit kanker tulang pada tubuh manusiaKanker tulang adalah salah satu jenis kanker perusak tulang. Jenis kanker ini bisa diidap oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Kanker ini terbagi jadi dua, yakni sekunder dan primer. Dinamakan kanker primer dikarenakan sel kanker muncul serta berkembang langsung dalam tulang.

Berbeda dengan kanker sekunder yang muncul dari organ tubuh lainnya dan kemudian menyebar hingga ke tulang-tulang.

Seluruh tulang pada tubuh berkemungkinan terserang kanker pada tulang, tetapi sebagian besar kasus kanker tulang terjadi di tulang tangan dan tulang kaki.

Jenis Kanker Tulang

Kanker pada tulang terbagi beberapa jenis disesuaikan dengan lokasinya.

Berikut jenis kanker tulang yang kasusnya sering ditemukan :

1. Osteosarcoma

Jenis kanker ini termasuk primer yang kerap kali menyerang remaja dan anak-anak. Jenis kanker ini lebih sering pula diidap oleh laki-laki. Sel kanker osteosarcoma umumnya tumbuh di tulang-tulang yang panjang, diantaranya paha, tulang kering dan lengan.

2. Chondrosarcoma

Kanker ini merupakan jenis kedua yang kasusnya sering terjadi pada tulang. Chondrosarcoma tumbuh di tulang-tulang rawan. Kanker ini sering kali terjadi pada penderita usia lanjut, lebih dari 40 tahun.

Sel chondrosarcoma bisa bertumbuh dengan sangat agresif maupun bertumbuh sangat lambat. Tulang paha dan pinggul sering kali mejadi lokasi sasaran serangan kanker ini.

3. Ewing sarcoma

Jenis kanker ini pertumbuhannya sangat agresif bila dibandingkan dengan berbagai jenis kanker pada tulang lainnya. Ewing sarcoma kerap kali dialami remaja dan anak-anak berusia sekitar 4 – 15 tahun.

Jenis kanker ini terjadi di tulang maupun jaringan lunak. Sebagaimana osteosarcoma, tulang yang sering terserang ewing sarcoma ialah tulang-tulang yang panjang diantanya tulang tangan dan kaki.

4. Fibrosarcoma

Jenis ini kasusnya jarang muncul. Biasanya kanker ini terjadi di lutut belakang, dan kebanyakan terjadi pada orang dewasa.

5. Chordoma

Kanker ini kasusnya jarang terjadi dan bila terjadi biasanya diidap oleh orang berusia lebih dari 30 tahun. Chordoma sering terjadi pada tulang belakang.

Tahapan Stadium Penyakit Kanker Tulang

Ada 4 tahapan tingkat keparahan kanker pada tulang, diantaranya :

1. Stadium 1

Sel kanker baru menyerang satu bagian pada tulang serta belum menyebar pada bagian lainnya. Pada stadium 1 ini terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Stadium 1A yang ukurannya ≤ 8 cm.
  • Stadium 1B yang ukurannya > 8 cm, dapat pula bila ada lebih dari 1 tumor dalam satu bagian tulang.

2. Stadium 2

Pada tahapan ini, sel kanker masih di 1 bagian tulang serta belum menyebar. Namun agresivitas kanker telah mulai terlihat. Pada stadium 2 ini terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Stadium 2A yang ukurannya ≤ 8 cm.
  • Stadium 2B yang ukurannya > 8 cm.

3. Stadium 3

Pada tahapan ini sel kanker telah menyebar lebih dari 1 area tulang.

4. Stadium 4

Pada tahapan ini sel kanker telah menyebar menggerogoti bagian-bagian lain dalam tubuh, seperti hati, paru-paru, maupun otak. Pada stadium 2 ini terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Stadium 4A telah menyebar hingga paru-paru
  • Stadium 4B telah menyebar hingga kelenjar getah-bening di sekitar area atau dan menyebar menuju organ lainnya selain organ paru-paru.

Penyebab Kanker Tulang dan Cara Mendiagnosanya

penyebab kanker tulangKanker tulang adalah kanker yang menyerang tulang manusia. Kanker dapat menyerang seseorang tanpa pandang usia, baik usia anak-anak maupun dewasa

Kebanyakan orang-orang tidak mengetahui penyebab kanker tulang. Hingga akhirnya terdeteksi dalam kondisi yang sudah parah.

Kanker tulang pada dasarnya dapat menyerang seluruh bagian tulang. Namun kebanyakan kasus sering menyerang pada tulang kaki dan lengan.

Menurut para pakar kedokteran, penyebab kanker tulang adalah adanya mutasi di dalam struktur DNA pengendali pertumbuhan sel yang menjadikan sel tersebut tumbuh terus di luar kendali.

Pertumbuhan sel tanpa henti membuat terjadinya penumpukan sel yang menyebabkan muncul tumor yang menyerang struktur tulang.

Kanker ulang dapat dipicu oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Pernah terkena paparan radiasi tinggi ketika melakukan pengobatan seperti radiologi.
  • Menderita suatu kelainan genetika langka yang disebut dengan sindroma Li-Fraumeni.
  • Sejak lahir mengidap penyakit hernia umbilitikus.
  • Pernah memiliki riwayat kanker mata yang disebut retinoblastoma saat kecil.

Cara Mendiagnosa Kanker Tulang

diagnosa penyakit kanker tulangDari beberapa penyebab kanker tulang tersebut, semuanya tidak dapat dideteksi secara kasat mata.

Agar memastikan bahwa seseorang menderita kanker tulang atau tidak maka perlu diagnosa lebih lanjut.

Adapun cara yang biasanya digunakan untuk mendiagnosa kanker tulang adalah sebagai berikut:

1. X Ray

Penggunaan X Ray dapat berfungsi untuk mengetahui penyebab kerusakan tulang disebabkan oleh kanker atau penyebab yang lain.

2. Biopsi

Alat ini dapat mendeteksi keberadaan kanker pada tulang sekaligus mengetahui jenis kanker yang menyerangnya.

3. CT Scan

Metode diagnosa ini merupakan kombinasi antara X Ray dengan teknologi komputer yang dapat menghasilkan gambar bagian tubuh dalam bentuk tiga dimensi. Metode ini biasanya digunakan untuk mengetahui sejauh mana kanker telah menyerang tubuh.

Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya

gejala kanker tulangGejala yang timbul karena kanker tergantung dari jenis kanker tulang seperti apa yang menyerangnya. Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan apa yang dikeluhkan seseorang saat itu.

Lantas apa saja gejala kanker tulang yang bisa dideteksi dengan mudah?

1. Gejala Kanker Tulang Osteosarcoma

Jenis kanker ini seringkali menyerang anak-anak pada lapisan luar tulang tangan. Namun dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada pula yang menyerang bagian kaki.

Gejala kanker tulang osteosarcoma adalah sebagai berikut:

  1. Rasa nyeri pada tulang
    Biasanya diawali dengan adanya rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut mulanya tidak sering, namun akan sangat terasa pada malam hari.
  2. Muncul benjolan pada tulang
    Gejala ini muncul setelah sekitar satu minggu rasa nyeri mulai dirasakan. Gejala ini sering dirasakan oleh anak-anak.
  3. Tulang patah
    Jenis ini membuat tulang di sekitar kanker menjadi lemah dan berakibat patah.

2. Gejala Kanker Tulang Ewing Sarcoma

Jenis yang kedua disebut dengan ewing sarcoma. Kanker langka ini menyerang bagian jaringan lunak yang mengelilingi tulang atau langsung pada tulang.

Gejala-gejala yang timbul biasanya adalah sebagai berikut:

  1. Mengalami demam yang berkepanjangan.
  2. Nyeri tulang.
  3. Terdapat benjolan pada permukaan kulit. Jika benjolan tersebut disentuh maka rasanya hangat dan lembut.
  4. Terjadi patah tulang tanpa adanya cedera.

3. Gejala Kanker Tulang Chondrosarcoma

Jenis yang ketiga adalah chondrosarcoma. Sel kanker ini terbentuk di jaringan subchondral, yaitu jaringan ikat diantara tulang. Kanker ini menyerang orang dewasa pada bagian panggul, paha, dan bahu.

Gejala kanker tulang chondrosarcoma yaitu:

  1. Muncul rasa nyeri pada tulang.
  2. Tubuh terasa lemas.
  3. Muncul benjolan pada tulang.
  4. Bila terjadi di panggul, biasanya akan terjadi gangguan saluran kencing.

4. Gejala Kanker Tulang Fibrosarcoma

Jenis keempat adalah fibrosarcoma. Jenis kanker ini terjadi pada jaringan fibrosa yang membungkus tendon, ligament, dan otot. Kanker ini menyerang area kaki atau batang tubuh.

Gejala kanker tulang fibrosarcoma yang muncul adalah :

  1. Muncul benjolan di bawah kulit.
  2. Jika terjadi pada bagian perut dapat terjadi gangguan pernapasan.

Ciri-ciri Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan penyakit kanker yang menyerang bagian tubuh yaitu tulang, ciri-ciri kanker tulang masih jarang diketahui oleh orang. Penyakit kanker semakin hari kian merajalela karena dapat menyerang anak dan orang dewasa.

1. Nyeri pada tulang dalam waktu yang lama

Penderita kanker tulang akan merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian tulang belakang dan leher. Rasa nyeri akan menyebar ke bagian tulang lainnya dalam kurun waktu yang cepat. Rasa nyeri tersebut akan datang setiap hari, sehingga para penderita akan merasakan kesakitan yang sangat luar biasa.

2. Menurunnya aktivitas tulang

Kanker tulang akan terus menerus merusak dan menekan sel saraf sehingga sel tersebut akan mati. Bila hal tersebut terjadi maka, tulang dapat mengalami penurunan. Kaki mulai tidak bisa digunakan untuk jalan, jari tangan sulit digerakkan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Kelumpuhan

Orang yang sudah lama mengidap kanker, misalkan pada stadium akhir maka dapat mengalami kelumpuhan total. Tidak bisa berjalan dan melakukan kegiatan apapun. Kelumpuhan bisa terjadi pada bagian tulang tertentu atau semuanya.

4. Berat badan turun

Kebanyakan orang yang terkena masalah ini akan mengalami penurunan berat badan. Semakin lama berat badan akan turun hingga tubuh semakin kecil. Faktor yang mempengaruhi penurunan berat badan yaitu penderita terlalu fokus terhadap rasa nyeri yang dirasakan. Tanpa disadari kurang makan dan kehilangan berat badan yang banyak.

5. Pembengkakan

Kanker tulang juga memiliki ciri adanya pembengkakan pada sekitar tulang yang terkena kanker. Pembengkakan tersebut cukup besar dan bila dipegang rasanya sakit sekali.

Pengobatan Kanker Tulang Dengan Jamur Maitake

pengobatan kanker tulang dengan jamur maitakePerlu dipahami bahwasanya, ketika Anda merasakan ragam kondisi seperti halnya nyeri pada tulang, pembengkakan pada persendian hingga tulang yang rapuh.

Salah satu pengobatan kanker tulang herbal adalah dengan memanfaatkan jamur maitake yang ternyata memiliki khasiat mampu membunuh sel kanker.

Hal ini disebabkan oleh kandungan MD-franction yang terdapat di dalamnya dan tentunya, yang demikian ini telah diteliti oleh pihak ilmuwan yang bernama Prof. Hiroaki Nanba, Ph.D yang merupakan guru besar dari universitas Kobe.

Sedangkan untuk pengkonsumsiannya, jenis jamur yang satu ini bisa dibuat menjadi makanan sehat layaknya apa yang telah lama dilakukan oleh masyarakat Jepang. dengan cara yang demikian ini, maka diharapkan kanker yang diderita akan segera berangsur sembuh.

Kaitannya dengan permasalahan kanker memang sudah tidak bisa dihindari di segala usia. Berbagai tindakan pengobatan kanker tulang dirasa sangatlah tidak menyenangkan mengingat efek sampingnya.

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk mencoba pengobatan herbal dengan memanfaatkan bahan jamur maitake yang nantinya akan menyerang sel kanker dan menjadikan sistem pertahanan tubuh menjadi lebih kuat.

Artikel Terkait :

Summary
Kanker Tulang | Jenis, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Cara Pengobatannya
Article Name
Kanker Tulang | Jenis, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Cara Pengobatannya
Description
Kanker tulang adalah salah satu jenis kanker perusak tulang. Jenis kanker ini bisa diidap oleh orang dewasa maupun anak-anak. Kanker ini terbagi jadi dua, yakni sekunder dan primer. Kenali penyebab, gejala, ciri dan cara pengobatan kanker tulang.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments