penyakit kanker testis

Kanker Testis | Pencegahan, Penyebab, Gejala, Ciri dan Pengobatannya

Kanker Testis | Pencegahan, Penyebab, Gejala, Ciri dan Pengobatannya

kanker testisKanker testis adalah jenis kanker yang menyerang bagian testis pria yang jarang sekali terjadi.

Bahkan, kanker ini lebih jarang lagi dibandingkan jenis kanker yang juga menyerang organ vital pria yaitu kanker prostat.

Namun, kanker ini tidak bisa disepelekan begitu saja sebab bisa menyerang pria yang berusia antara 15-35 tahun. Kalau bisa dideteksi lebih awal, penyakit ini bisa sembuh 100%.

Pencegahan Kanker Testis

Makanan pendukung penderita kanker testis

Selama menjalani proses pengobatan, penderita kanker wajib tahu mengenai makanan yang dianjurkan untuk membantu kelangsungan penyembuhan.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu harian.

  • Pepes dan kukus tempe
  • Sayuran yang bebas dari racun pestisida seperti wortel, kubis, brokoli dan tomat
  • Buah-buahan seperti delima, ceri dan lain-lain
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Bawang putih serta bawang bombai
  • Kunyit

Selain itu, penderita kanker juga bisa mengkonsumsi daging merah asal tanpa lemak dan harus sesuai takaran.

Makanan yang wajib dihindari penderita kanker testis

Agar tidak memperburuk gejala kanker yang kian parah, Anda harus tahu daftar menu makanan yang tidak dianjurkan.

Berikut jenis makanan yang masuk dalam daftar larangan dikonsumsi penderita.

  • Ikan asin
  • Daging merah berlemak dan daging unggas
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi, jerohan hewan, bersantan dan gorengan
  • Aneka jenis seafood
  • Buah nangka, durian, anggur, nanas dan kelengkeng
  • Kangkung dan tauge
  • Makanan olahan, makanan berpengawet, mengandung gula tinggi serta makanan cepat saji

Jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita kanker adalah alkohol dan minuman yang berkarbonasi seperti soda, minuman energi serta jus buah yang ada dalam kemasan.

Minuman berpengawet akan merangsang pertumbuhan sel abnormal dalam testis semakin tak terkendali. Sehingga Anda harus rutin menjaga pola hidup sehat sejak didiagnosa mengidap kanker ini.

Jadi, kesembuhan diri sendiri terletak pada niat dan motivasi untuk kembali sehat didukung dengan pengobatan dan gaya hidup yang sehat.

9 Penyebab Kanker Testis yang Jarang Diperhatikan

penyebab kanker testisAda sejumlah faktor yang menjadi penyebab kanker testis. Berikut ini adalah penyebab penyakit ini pun penting untuk diketahui seperti berikut ini.

  • Pernah menderita kanker yang sama

Seorang pria yang sudah pernah terkena kanker testis disarankan melakukan pemeriksaan lanjutan sesudah pengobatan. Orang ini mempunyai risiko terkena kanker 12 kali lebih besar dibanding orang normal.

  • Kriptorkismus atau testis tidak turun

Pada sejumlah kasus anomali, testis tidak turun. Istilah medis untuk keadaan ini adalah kriptokismus atau undescended testicle yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker ini.

  • Usia

Kasus terbanyak pada penderita kanker ini adalah pada pria dengan usia 30 sampai 34 tahun. Sementara itu, kasus ini lebih sering terjadi untuk usia 15 sampai 49 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker ini juga bisa terjadi pada sejumlah usia lain.

  • Riwayat kesehatan keluarga

Bila ada anggota keluarga seperti ayah atau saudara kandung laki-laki yang terkena kanker testis, peluang seseorang untuk mengalami hal yang sama pun akan meningkat.

  • Tinggi badan

Penyebab kanker testis selanjutnya adalah semakin tinggi tubuh seorang pria, maka peluang terkena kanker ini pun semakin besar. Hubungan tinggi badan dan kanker ini adalah faktor makanan.

  • HIV dan AIDS

Penyakit ini juga membuat penderitanya rentan terkena kanker.

  • Ras

Kasus kanker testis lebih sering diderita oleh pria berkulit putih dibandingkan hitam.

  • Merokok

Salah satu penyebab kanker testis adalah karena merokok dalam jangka waktu lama.

  • Pertumbuhan testis yang abnormal

Pada keadaan tertentu seperti sindrom Klinefelter bisa membuat testis berkembang secara tak normal. Hal ini pun akan meningkatkan risiko kanker.

4 Gejala Kanker Testis Ini Bisa Didahului dengan Kebiasaan Kamu

gejala kanker testisGejala kanker testis ditandai dengan perubahan yang cukup drastis pada ukuran testis serta beberapa ciri lainnya yang bisa diamati dengan mudah.

Adanya sel kanker yang menyerang organ penghasil hormon reproduksi ini menyebabkan fungsi seksual seorang pria bisa saja terganggu atau bahkan hilang sama sekali.

Beberapa gejala kanker testis yang kerap ditemukan pada penderita kanker antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pembengkakan atau benjolan

Benjolan atau bengkak sudah menjadi ciri penyakit kanker, termasuk kanker ini. Pada penderita kanker pembengkakan akan terjadi di salah satu bagian testis saja.

Tidak hanya benjolan, umumnya pembengkakan ini disertai rasa sakit yang luar biasa.

  • Rasa nyeri

Rasa sakit meskipun tidak sedang melakukan hubungan intim atau ereksi juga bisa dirasakan sebagai salah satu gejala kanker testis.

Rasa nyeri yang tajam disertai capek berat akan melanda bagian testis dan skrotum. Terkadang rasa ini bisa muncul dan pergi begitu saja tanpa penanganan.

  • Penimbunan cairan

Terjadi penimbunan cairan yang biasanya akan menumpuk di bagian skrotum pria. Saat kondisi ini biasanya penderita akan merasa sering lelah serta lemas.

Penimbunan cairan yang terlampau banyak mengindikasikan bahwa sel kanker tengah tumbuh di dalam testis.

  • Gejala lainnya

Ada beberapa gejala lain yang menyerang tubuh penderita ketika sel kanker mulai bermetastasis seperti pembengkakan leher, sesak napas, pembesaran bagian dada, serta batuk yang berlangsung cukup lama tanpa sebab jelas.

Pada kondisi demikian, penderita diharuskan segera mendapatkan penanganan medis yang serius.

Dengan mengetahui gejala kanker testis sejak awal, diharapkan penderita bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Ciri-ciri Kanker Testis yang Wajib untuk Diketahui

ciri-ciri kanker testisAda beberapa ciri-ciri kanker testis yang bisa Anda ketahui, yaitu :

Ciri yang paling umum terjadi, ukuran benjolan ini bisa besar atau kecil, tergantung seberapa parah kanker yang diderita.

Apabila terdapat benjolan pada testis Anda harus segera konsultasikan kepada dokter.

Ciri-ciri kanker testis lainnya yaitu rasa nyeri pada testis. Anda perlu mewaspadai rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah, karena bisa jadi itu adalah gejala kanker.

Terjadi pembengkakan pada testis juga salah satu ciri-ciri kanker testis. Jangan banyak berpikir lagi, segera hubungi dokter apabila terjadi gejala seperti ini.

Cepat lelah juga bisa menjadi salah satu indikasi gejala kanker ini. Meskipun kelelahan adalah suatu hal sepele, tapi sebaiknya Anda tidak menyepelekannya.

Mudah sekali lelah tanpa alasan jelas harus di waspadai. Apabila kelelahan sering terjadi dan didukung adanya gejala seperti di atas tentu itu bisa jadi salah satu ciri-ciri kanker testis.

Langkah Medis Dokter Melakukan Pengobatan Kanker Testis

pengobatan kanker testis dengan jamur maitakePermasalahan kanker ini merupakan suatu hal yang sangat serius bagi kaum adam yang selanjutnya penyakit ini sangat erat sekali dengan permasalahan kesuburan.

Gangguan kesehatan yang menyerang testis ini disebabkan oleh berbagai hal termasuk di dalamnya riwayat kanker ini dalam satu keluarga, paparan sinar ultraviolet berlebih pada bagian vital pria hingga pengkonsumsian makanan yang memiliki kandungan bahan kimia.

Ketika ada terdiagnosa mengidap kanker ini, Anda sudah selayaknya segera melakukan pengobatan kanker testis guna menghindari dampak negative penyakit tersebut.

Tindakan pengobatan kanker testis sering kali dilakukan dengan memanfaatkan bahan herbal ataupun melalui tindakan medis. Keseluruhannya memiliki dampak negative dan positif masing – masing yang sudah sepantasnya hal ini menjadi pertimbangan bagi pasien.

Jika Anda mengambil jalan medis, berikut ini beberapa tindakan pengobatan kanker testis yang akan sering ditawarkan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan sejauh mana tingkat keparahan kanker yang ada derita.

1. Tindakan operasi

Tindakan pengobatan kanker testis salah satunya dilakukan melalui operasi yang mana hal ini mencangkup orchiectomy dan juga diseksi pada kelenjar getah bening retroperitoneal. Operasi pada kanker ini dilakukan dengan pemotongan salah satu bagian testis.

Jika memang pria tersebut masih memiliki satu testis yang sehat, maka peluang untuk mendapatkan ereksi ataupun ejakulasi dengan kandungan sel sperma di dalamnya sangatlah mungkin. Secara tidak langsung, pria tersebut masih memungkinkan mendapatkan momongan.

2. Tindakan radioterapi

Cara lain dalam pengobatan kanker testis adalah dengan menerapkan tindakan radioterapi. Pengobatan dengan memanfaatkan radioterapi ini hanya melibatkan metode pengobatan lokal yang mana hal ini akan mempengaruhi sel kanker pada bagian yang diterapi saja. Dalam penerapannya, tidak semua pasien kanker menggunakan metode ini, di mana untuk pasien non seminoma tidak menggunakan teknik pengobatan ini. akan lebih baik jika radioterapi dilakukan setelah operasi.

3. Tindakan kemoterapi

Sama dengan jenis kanker pada umumnya, pengobatan kanker testis juga melibatkan tindakan kemoterapi. Diungkapkan jika kemoterapi memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan metode lain ketika dikombinasikan dengan obat – obatan lainnya. pada umumnya, tindakan kemoterapi yang digabungkan dengan pengkonsumsian obat akan membantu pengontrolan sel kanker yang terdapat dalam tubuh.

4. Imunoterapi

Dianggap sebagai pengobatan terbaru pada penderita kanker, tindakan pengobatan kanker testis ini ternyata cukup sukses sebab akan menghindarkan adanya perkembangan sel kanker dalam tubuh secara lebih luas. Tidak hanya itu saja, alternative pengobatan ini juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan pasien tersebut

Pengobatan Kanker Testis Dengan Jamur Maitake

jamur maitake adalah obat kanker, obat tumor dan gangguan sistem imunSelain beberapa cara pengobatan kanker testis di atas, Anda juga bisa menggunakan alternative pengobatan herbal yang dalam hal ini menggunakan jamur maitake.

Dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat di dalamnya, Anda akan terbebas dari permasalahan kanker yang menghambat Anda untuk memiliki momongan.

Untuk itu, segera dapatkan jamur maitake sekarang juga untuk pengobatan penyakit kanker Anda.

Artikel Terkait :

Summary
Description
Kanker testis adalah jenis kanker yang menyerang bagian testis pria yang jarang sekali terjadi. Bahkan, kanker testis lebih jarang lagi dibandingkan jenis kanker yang juga menyerang organ vital pria yaitu kanker prostat. Ketahui Pencegahan, penyebab, gejala, ciri dan pengobatan kanker testis.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments