kanker sel plasma disebut juga Multiple Myeloma

Kanker Sel Plasma | Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Kanker Sel Plasma

Kanker Sel Plasma atau Multiple Myeloma

kanker sel plasma atau Multiple MyelomaKanker sel plasma adalah jenis penyakit kanker ganas yang berawal dari sel-sel plasma atau tipe sel darah putih yang diproduksi di sumsum tulang.

Kanker sel plasma atau multiple myeloma tergolong kanker yang paling bahaya karena merupakan kanker darah yang bisa berujung pada kematian.

Bagi orang awam, kanker ini mungkin terdengar asing. Hal tersebut berimbas pada tulang belakang yang remuk dan saraf terjepit. Jika tidak segera ditangani, kanker darah ini memang bisa membahayakan penderita.

Kanker bisa menyebabkan penderita mengalami kelumpuhan dan risiko lain yang tak kalah mengerikan.

Secara normal, sel plasma darah yang berada di sumsum tulang belakang berfungsi untuk melawan infeksi. Namun, sel plasma darah ini menjadi abnormal dengan cara membelah diri sendiri menjadi salinan-salinan baru yang akan semakin memperbanyak sel abnormal.

Sel yang tidak normal ini disebut dengan sel myeloma. Suatu ketika, sel yang semakin membelah berulang-ulang ini berkumpul di bagian pada dari tulang dan menyerang ke organ atau jaringan lain.

Kanker sel plasma ini akan terus berkembang semakin parah jika tidak mendapatkan penanganan segera. Sel mieloma tumbuh dengan baik di sumsung tulang yang mengakibatkan kondisi tubuh penderita mengalami perubahan seperti nyeri tulang, anemia, patah tulang, insufisiensi ginjal, gejala penyakit hypercalcemia, sistem kekebalan tubuh menurun dan proteinurita.

Jika menemukan gejala awal menderita kanker sel plasma seperti anemia, merasa sangat haus, sering buang air kecil, nyeri tulang dan gangguan ginjal, wajib segera melakukan pemeriksaan diri. Menilik bahaya yang mengerikan, ada baiknya menerapkan gaya hidup sehat agar terhindari dari kanker ini.

Kebiasaan menyantap makanan instan dan junk food harus diganti dengan sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain itu, hindari rokok, alkohol dan olahraga yang teratur.

Penyebab Kanker Sel Plasma

penyebab kanker sel plasmaMungkin sebagian dari kita belum cukup familiar dengan penyebab kanker sel plasma. Padahal jenis kanker yang satu ini menjadi salah satu yang berbahaya bagi siapa pun.

Kanker ini tak hanya menyerang satu jenis kelamin. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk bisa mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya yang satu ini.

Bagi Anda, mungkin kanker jenis ini bisa jadi merupakan satu kasus yang cukup jarang ditemukan di Indonesia. Akan tetapi, tak ada salahnya juga untuk mengetahui sejumlah penyebab kanker sel plasma seperti yang ada di bawah ini.

1. Faktor keturunan

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena kanker sel plasma adalah keturunan atau genetika. Hal ini juga termasuk dengan onkogen c-myc.

2. Pilihan gaya hidup

Pilihan gaya hidup yang tak sehat bisa memicu seseorang terkena penyakit ganas ini. Misalnya saja seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.

3. Paparan bahan kimia

Adanya paparan lingkungan terhadap beberapa bahan kimia seperti benzoat, gerbisida, insektisida, pewarna rambut, dan juga radiasi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker jenis ini.

4. Usia

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berusia di atas 65 tahun terutama pria, bisa memiliki risiko terkena jenis kanker ini.

5. Ras

Orang keturunan Afrika-Amerika memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker sel plasma. Sementara itu, kasus ini lebih jarang menimpa orang asia atau kulit putih.

6. Obesitas

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung lebih mudah terkena kanker jenis ini.

7. Penyakit

Sejumlah orang yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan sel plasma seperti plasmasitoma dan monoclonal gammopathy of uncertain significace memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker sel plasma.

8. Jenis kelamin

Satu lagi faktor penyebab kanker sel plasma adalah jenis kelamin. Kasus kanker sel plasma ini lebih sering ditemukan pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Gejala Kanker Sel Plasma

gejala kanker sel plasmaKanker sel plasma mungkin belum banyak kita dengar dibandingkan jenis penyakit kanker familiar lainnya seperti kanker lambung, kanker serviks dan masih banyak lagi.

Kanker sel plasma dalam istilah medis disebut juga sebagai Multiple Myeloma. Penyakit kanker ini menyerang sel plasma atau sel darah putih yang berada di sumsum tulang manusia.

Ketika sel plasma diserang oleh kanker maka fungsi dari sel plasma sebagai pembentuk antibody tubuh tidak akan sempurna.

Pada kanker sel plasma, gejala akan ditunjukkan dengan semakin lemahnya tubuh penderita karena berkurangnya jumlah antibody yang diproduksi.

Beberapa gejala kanker sel plasma yang bisa dideteksi dengan mudah antara lain akan dijelaskan pada uraian berikut ini. Simak yuk!

1. Mual dan nafsu makan berkurang

Nafsu makan yang berkurang menyebabkan penurunan berat badan yang drastis dalam periode waktu tertentu.

Biasanya rasa mual juga menyertai gejala kanker sel plasma yang satu ini.

2. Mudah terinfeksi penyakit

Bagi penderita kanker, secara otomatis antibody yang diproduksinya akan semakin menurun.

Kondisi semacam ini bisa membuat penderita lebih mudah terserang infeksi atau penyakit baik ringan maupun berat.

3. Mati rasa pada bagian tertentu

Mati rasa termasuk gejala kanker sel plasma yang banyak dialami oleh pria maupun wanita.

Pada bagian tubuh tertentu seperti tangan dan kaki, penderita akan lebih sering merasakan kulit menebal serta mati rasa.

4. Gangguan mental

Ada beberapa kasus Multiple Myeloma, penderitanya mengalami kebingungan yang identik dengan gangguan mental.

Kondisi ini bisa diakibatkan sel plasma yang diserang juga merupakan penghasil antibodi aktif yang terhubung pada nutrisi jaringan otak.

5. Nyeri tulang

Rasa nyeri pada tulang merupakan indikasi sel kanker yang tengah menyerang sumsum tulang belakang. Hal ini bisa menjadi gejala kanker sel plasma yang banyak dideteksi dari penderita.

Tidak hanya rasa nyeri saja, terkadang tulang tertentu juga mengalami rentan patah bila sudah terinfeksi sel kanker.

Ciri-ciri Kanker Sel Plasma

ciri-ciri kanker sel plasmaKanker sel plasma biasa terjadi pada orang yang berumur di bawah 40 tahun, terlalu banyaknya aktivitas dan rasa lelah yang tidak terasa dapat menyebabkan munculnya kanker tersebut.

Ciri-ciri kanker sel plasma antara lain :

  • Nyeri tulang dan rasa sakit yang berlebih pada tulang belakang terutama tulang rusuk
  • Mudah patah tulang atau biasa disebut fraktur
  • Mudah memar atau terjadi pendarahan yang tidak kunjung berhenti
  • Sering lelah dan sesak nafas
  • Pendarahan yang terjadi sangat sering dari gusi maupun hidung
  • Sering merasa haus, mual, muntah maupun sembelit, karena kadar kalsium yang sangat tinggi di dalam tubuh
  • Infeksi yang sulit disembuhkan atau bisa saja infeksi yang terjadi berulang.
  • Jika kanker sel plasma ini sudah menyebar ia juga bisa menyebabkan anemia, masalah ginjal, kekebalan tubuh yang sangat kurang dan mudah terkena infeksi.

Jika kekebalan tubuh terganggu akibatnya sel darah merah dan sel darah putih tidak seimbang. Jumlah sel darah putih rendah menyebabkan infeksi yang terjadi dapat sembuh dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sel plasma ganas dapat memproduksi zat yang tidak diperlukan tubuh secara berlebihan malah tercipta lebih banyak karena sel ganas ini. Hal ini berhubungan dengan kadar kalsium sel darah merah.

Protein yang abnormal tadi mempengaruhi ginjal, sehingga ginjal tidak bisa membersihkan dan menyaring darah secara benar.

Pengobatan Kanker Sel Plasma Dari Sisi Kedokteran

pengobatan kanker sel plasma dengan jamur maitakeTanpa dilakukan pengobatan kanker sel plasma, protein yang diproduksi sel plasma dalam jumlah berlebih dan dalam kondisi abnormal bisa menyebabkan kerusakan pada tulang ataupun ginjal.

Kanker multiple myeloma merupakan jenis kanker yang menyerang sel plasma pada sum sum tulang belakang pasien. Pada hakikatnya, sel plasma ini difungsikan untuk memproduksi sel antibody yang sayangnya, karena suatu hal terjadi gangguan kesehatan sehingga muncullah sel kanker.

Berikut ini beberapa referensi yang mungkin akan diajukan oleh praktisi kesehatan terkait dengan pengobatan kanker sel plasma.

1. Tindakan Kemoterapi Konvensional

Pada umumnya, kanker selalu ditangani dengan pemberian kemoterapi yang berupa campuran obat kimia sehingga hal ini akan membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

Sering kali pengobatan kanker dengan memanfaatkan kemoterapi ini akan memberikan dampak buruk berupa rambut rontok hingga kelelahan.

Tidak mengherankan jika banyak pihak yang kemudian memutuskan untuk mengalihkan pengobatan kemoterapi ini dengan teknik pengobatan lainnya.

2. Tindakan Imunoterapi

Pengobatan kanker sel plasma yang lainnya bisa dilakukan dengan tindakan imunoterapi yang juga memanfaatkan antibody serta obat – obatan di dalamnya untuk melawan sel kanker.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan secara langsung misalnya saja dengan pemberian interfon ataupun interleukin-2 serta lainnya. pemberian interferon ternyata mampu membantu dalam meningkatkan peluang keberhasilan dari tindakan kemoterapi dan interleukin-2 akan menghilangkan sisa tumor yang ada di dalam tubuh.

3. Tindakan Transplantasi Hematopoietic Stem Cell

Tindakan pengobatan kanker sel plasma juga bisa dilakukan dengan teknik transplantasi hematopoietic cell yang pastinya bisa dilakukan pada pasien yang berumur 50 tahun ke bawah.

Meskipun demikian, untuk Anda dengan masalah kanker sel plasma yang saat ini berusia 50 – 70 tahun juga sangat diharapkan bisa melakukan transplantasi sel induk hematopoietic. Namun, untuk usia 70 tahun ke atas, sangat dilarang melakukan tindakan pengobatan ini.

4. Tindakan “Terapi Target”

Bisa dikatakan jika pengobatan kanker sel plasma dengan memanfaatkan terapi target ini adalah jenis pengobatan yang sangat mutakhir dalam memerangi sel kanker.

Sistem kerja dari pengobatan ini adalah dengan langsung ditujukan pada sel kanker tersebut. Selanjutnya, dengan konsentrasi obat yang sangat tinggi, hal ini akan membantu dalam meningkatkan peluang untuk memusnahkan sel kanker dalam tubuh.

Pengobatan Kanker Sel Plasma Dengan Jamur Maitake Sebagai Obat Kanker

manfaat jamur maitake sebagai obat kanker dan tumorBanyak pengobatan kanker sel plasma yang bisa dilakukan baik itu secara medis ataupun non-medis.

Jika Anda ingin lebih hemat dan manjur, pengobatan menggunakan jamur maitake bisa dijadikan sebagai solusi.

Dengan memanfaatkan kandungan jamur maitake sebagai obat kanker dan tumor alami  yang cukup efektif yang ada di dalamnya, Anda akan bisa sembuh dari kanker sel plasma.

Untuk itu, segera dapatkan jamur maitake untuk pengobatan kanker yang aman dan tanpa efek samping.

Summary
Kanker Sel Plasma | Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Kanker Sel Plasma
Article Name
Kanker Sel Plasma | Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Kanker Sel Plasma
Description
Kanker sel plasma adalah jenis penyakit kanker ganas yang berawal dari sel-sel plasma atau tipe sel darah putih yang diproduksi di sumsum tulang. Kanker sel plasma atau multiple myeloma tergolong kanker yang paling bahaya karena merupakan kanker darah yang bisa berujung pada kematian.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments