penyakit kanker prostat

Kanker Prostat | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatannya.

Kanker Prostat – Ketahui Fakta Penting Mengenai Kanker.

kanker prostat adalah kanker yang menyerang bagian prostatKanker prostat adalah jenis penyakit yang menumbuhkan sel-sel ganas yang menyerang bagian prostat atau kalenjar seukuran kacang yang berada di bawah kandung kemih kaum pria.

Tugas dari prostat adalah memproduksi jumlah sperma secara normal. Para pria umumnya tidak menyadari perubahan dalam diri sebelum didiagnosa menderita kanker prostat ini.

Jika wanita kerap ketakutan dengan kanker serviks, kanker payudara dan kanker ovarium maka anda juga harus tahu bahwa kanker prostat adalah pembunuh nomor tiga dikalangan pria.

Berikut ini, beberapa fakta penting seputar kanker prostat, yaitu :

  • Pria berusia 40an berisiko menderita kanker prostat 1 dibanding 200 ribu orang, usia 50an memiliki kemungkinan 12 dari 100 ribu sedangkan usia 60an keatas memiliki risiko 12 dari 10 ribu orang.
  • Pria berusia 40tahunan yang mengalami masalah kebotakan bisa juga berisiko mengalami kanker karena hormon testosteron terlalu tinggi sehingga menghambat pertumbuhan rambut.
  • The National Registry of Disease Office mengungkapkan bahwa pria etnis Cina di Singapura dua kali berpotensi terkena kanker ini dibandingkan etnis Melayu pada tahun 2011.
  • Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menerbitkan sebuah jurnal yang menyebut bahwa pria Afro-Amerika dan Eropa mengalami peningkatan potensi kanker ini karena perubahan salah satu gen sistem kekebalan tubuh.
  • Pria yang mengalami obesitas dan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak hewani tinggi juga memiliki risiko terkena kanker yang lebih besar.
  • Pria yang melakukan hubungan seksual terlalu muda dan memiliki pasangan lebih dari satu rentan terkena tumor ganas ini.

Berdasarkan penelitian penelitian National Cancer Institute dan Fred Hutchinson Cancer Research Center juga menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng secara rutin memiliki efek buruk pada risiko terkena kanker yang berbahaya ini.

Penyebab Kanker Prostat

penyebab kanker prostatPenyebab dari penyakit yang satu ini pun menjadi hal yang penting. Bagi kita, mengetahui beberapa faktor penyebab kanker prostat adalah satu edukasi yang bisa diketahui sejak kini.

Ada pun yang menjadi penyebab kanker prostat adalah seperti berikut.

  • Riwayat keturunan

Bila ada anggota keluarga laki-laki yang menderita prostat atau bisa juga perempuan yang menderita kanker payudara, maka risiko seseorang terkena kanker ini pun semakin besar.

  • Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia tertentu bisa meningkatkan risiko seorang pria terkena kanker ini.

  • Jenis makanan

Pria yang sering mengonsumsi produk susu tinggi lemak atau daging merah memiliki risiko terkena penyakit ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan yang lebih sedikit mengonsumsi jenis makanan ini.

  • Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonorea memungkinkan peningkatan risiko seseorang terkena kanker prostat.

  • Obesitas

Salah satu penyebab kanker prostat yang lain juga bisa berasal dari kelebihan berat badan.

  • Merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko seorang pria terkena penyakit ini.

  • Kalsium

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi dalam intensitas terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena jenis kanker ini.

  • Lokasi

Kasus penderita kanker prostat bisa kita temukan dalam jumlah yang lebih banyak di belahan Eropa Barat Laut, Amerika Utara, Kepulauan Karibia, dan Australia.

  • Vasektomo

Seorang pria yang menjalani rangkaian prosedur vasektomi mempunyai risiko terkena kanker prostat yang lebih tinggi.

  • Perubahan gen

Beberapa perubahan gen sebagai warisan keluarga dapat meningkatkan seorang pria terkena kanker ini.

  • Ras

Jenis kanker ini lebih berisiko menyerang pria yang berasal dari ras Karibia dan Afrika-Amerika.

Gejala Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai

gejala kanker prostatGejala kanker prostat umumnya tidak bisa dideteksi dengan mudah. Pada beberapa kasus kanker penderita tidak menunjukkan gejala yang siginifikan.

Gejala kanker prostat biasanya baru akan terasa ketika kelenjar tersebut sudah mengalami pembengkakan dan berpengaruh pada uretra.

Beberapa Gejala Kanker Prostat Adalah Sebagai Berikut :

  • Buang air kecil lebih sering.
    Intensitas buang air kecil akan menjadi semakin sering ketika seseorang mengalami gangguan berupa kanker di bagian prostat. Gejala kanker prostat umumnya diawali dengan buang air kecil yang berlebihan terutama ketika malam hari.
  • Adanya darah dalam air seni.
    Darah yang muncul saat kencing atau pada cairan sperma juga bisa digolongkan sebagai gejala kanker prostat yang cukup serius. Pada tahap ini biasanya sel kanker mulai tumbuh dan bersiap menyebar di bagian lain sekitar area prostat tersebut.
  • Kandung kemih terasa penuh.
    Meski sudah berkali-kali kencing, penderita akan selalu mengalami ketidaknyamanan pada kandung kemihnya. Rasa tidak nyaman ini berupa kandung kemih yang terasa selalu penuh dan mengakibatkan keinginan untuk buang air kecil meski urin sebetulnya sudah terbuang.
  • Nyeri pada organ vital.
    Organ vital pria akan merasakan nyeri yang sangat hebat ketika sedang berhubungan intim atau ejakulasi. Tidak hanya itu, rasa nyeri akibat sel kanker di kelenjar prostat ini juga bisa dirasakan meski tidak sedang beraktivitas.
  • Tekanan saat buang air berkurang.
    Gejala kanker prostat lainnya adalah semakin berkurangnya tekanan ketika penderita tengah buang air kecil. Hal ini disebabkan kelenjar prostat yang sudah semakin lemah karena penyebaran kanker.

Ciri-ciri Kanker Prostat Umum dan Khusus

ciri-ciri kanker prostatTahukah Anda apa saja ciri-ciri kanker prostat tersebut? Tentu ada beberapa gejala-gejala yang perlu anda cermati dan perhatikan dengan baik.

Ciri-ciri kanker prostat pada stadium awal memang cenderung susah untuk terlihat. Hal ini tentu menyulitkan para penderitanya dalam mengetahui gejalanya.

Kelenjar prostat sendiri terletak di dekat uretra dan kandung kemih. Hal ini menyebabkan masalah dengan frekuensi dan kualitas ketika buang air kecil.

Berikut ini ciri-ciri kanker prostat umum yang bisa Anda kenali antara lain :

  1. Sulit memulai serta menghentikan buang air kecil
  2. Adanya rasa sakit seperti terbakar saat buang air
  3. Kontrol kandung kemih yang hilang
  4. Berdarahnya urin
  5. Kecepatan aliran urin yang berkurang

Jika dirasa Anda telah mendapati beberapa ciri yang telah disebutkan diatas maka jangan anggap sepele ya. Ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatannya.

Selain ciri umum, ada juga ciri-ciri kanker prostat secara khusus. Kanker ini dapat menyebar ke jaringan disekitarnya hingga ke tulang belakang.

Jika sudah begini maka kanker dapat menyerang dan menekan syaraf tulang belakang lho. Maka dari itu berikut ini ciri-ciri kanker prostat secara khusus :

  1. Adanya disfungsi ereksi atau kesulitan dalam mencapai ereksi
  2. Terdapat darah dalam cairan mani
  3. Ejakulasi yang menyakitkan
  4. Kaki dan pinggul yang terasa nyeri atau mati rasa
  5. Area panggul atau kaki yang membengkak
  6. Terasa nyeri di tulang yang tidak kunjung sembuh

Pengobatan Kanker Prostat Secara Medis Dan Tradisional

pengobatan kanker prostatBiasanya pengobatan kanker dilakukan dengan operasi, radioterapi hingga kemoterapi.

Selain itu ada pula terapi lain yang bisa dijadikan sebagai pengobatan kanker prostat.

Macam-macam Pengobatan Kanker Prostat

Ada beberapa pilihan pengobatan kanker prostat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Memang umumnya kemoterapi, radioterapi dan operasi adalah jalan yang umumnya dilakukan dalam mengobati kanker.

Namun berikut ini adalah beberapa pengobatan kanker prostat selain operasi maupun kemoterapi.

1. Vaksin Khusus

Penderita diberikan vaksin yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat untuk melawan sel kanker.

Vaksin tersebut adalah Spulucel-T yang nantinya akan membuat imun tubuh menjadi lebih sensitif untuk melawan sel-sel kanker.

Pengobatan kanker prostat menggunakan vaksin ini bisa menjadi pilihan bagi penderita stadium awal untuk mematikan sel-sel kanker. Sedangkan pada stadium lanjut hanya akan memperpanjang harapan hidup penderitanya saja.

Dengan menggunakan vaksin ini juga masih ada efek samping yang ditimbulkan seperti :

a. Demam dan menggigil
b. Nyeri persendian
c. Sakit kepala
d. Mual dan muntah
e. Hingga napas yang menjadi pendek

2. Terapi Hormon

Pengobatan kanker prostat menggunakan terapi hormon ini juga bisa dijadikan untuk menurunkan hormon androgen yang berupa dihidrotestosteron dan testosteron yang berlebihan sehingga memicu datangnya sel kanker pada prostat.

Umumnya pengobatan kanker prostat menggunakan terapi hormon ini digunakan jika kanker sudah mulai menyebar, jika kanker kambuh lagi ataupun digunakan sebelum melakukan radioterapi.

Terapi hormon sendiri ditujukan untuk mengurangi gejala sekaligus melambatkan pertumbuhan sel kanker pada prostat yang mulai memasuki stadium akhir.

Adapun efek sampingnya seperti :

a. Naiknya berat badan
b. Berkeringat lebih
c. Hilangnya gairah seks
d. Hingga dapat beresiko mengalami impotensi

3. Brakiterapi

Metode pengobatan kanker prostat yang satu ini adalah salah satu bagian dari pengobatan radioterapi. Dimana metode ini dilakukan dengan memasukkan benda kecil yang mengandung zat radiasi aktif masuk ke dalam prostat.

Kemudian benda tersebut akan mengeluarkan sinar radiasi guna menghentikan perkembangan dan pertumbuhan sel-sel kanker dalam prostat.

Umumnya dengan metode brakiterapi ini dilakukan tanpa adanya kombinasi atau tambahan pengobatan lain jika penderita masih berada pada stadium awal kanker.

Namun begitu jika penderita sudah berada di stadium akhir atau lanjut maka metode brakiterapi ini dilakukan dengan metode radioterapi seperti umumnya.

Adapun kelebihan jika menggunakan metode brakiterapi ini yakni radiasi dapat langsung mengenai prostat yang telah terinfeksi kanker sehingga tidak akan merusak bagian lain dari tubuh di dekatnya.

Namun bukan berarti dengan metode ini tanpa adanya efek samping atau kerusakan jaringan tubuh. Adapun efek samping tersebut adalah :

a. Memiliki resiko impotensi.
b. Mengalami masalah perkemihan.
c. Adanya gangguan pencernaan misalnya diare akut ataupun adanya luka pada rektum.

Agar Anda mengetahui manakah pengobatan yang baik yang bisa Anda lakukan maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter segera.

Pengobatan Kanker Prostat Dengan Jamur Maitake

jamur maitake adalah obat kanker, obat tumor dan gangguan sistem imunUntuk alternatif alami lainnya Anda bisa mengonsumsi ekstrak jamur maitake yang sangat ampuh dalam melawan sel-sel kanker. Anda bahkan bisa mengonsumsinya dalam bentuk tablet, pil ataupun bubuk.

Jamur Maitake bermanfaat untuk kesehatan sebagai peningkat sel imun bawaan dalam tubuh yaitu Sel NK, Sel-T dan Sel-B pada tubuh kita sehingga sel – sel kanker dapat dilenyapkan.

Artikel Terkait :

Summary
Article Name
Kanker Prostat | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker Prostat.
Description
Kanker prostat adalah jenis penyakit yang menumbuhkan sel-sel ganas yang menyerang bagian prostat atau kalenjar seukuran kacang yang berada di bawah kandung kemih kaum adam. Ketahui penyebab, gejala, ciri dan pengobatan kanker prostat.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments