penyakit kanker mulut

Kanker Mulut | Pencegahan, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatannya

Kanker Mulut | Pencegahan, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatannya

kanker mulutKanker mulut adalah pertumbuhan sel tidak normal yang menyerang bagian mulut mencakup daerah bibir, lidah, pipi, gusi, dasar mulut, langit-langit mulut, sinus serta tenggorokan.

Kanker mulut terdiri dari tiga jenis yaitu karsinoma sel skuamosa yang banyak ditemukan, melanoma oral ganas, dan adenokarsinoma. Beberapa jenis penyakit kanker tersebut menimbulkan gejala yang relatif sama.

Penyebab utama penyakit kanker mulut kerap tidak bisa diketahui secara pasti. Namun, kanker jenis ini menjadi salah satu kanker yang mengakibatkan kematian nomor enam di dunia.

Pencegahan Kanker Mulut

Selain menjaga kebersihan mulut, Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok agar tidak terkena penyakit berbahaya ini. Selain itu, cegah tertularnya infeksi HPV oral dengan melakukan vaksinasi HPV.

Ada baiknya juga melakukan pola hidup sehat seperti membatasi jumlah pasangan, tidak melakukan seks oral pada orang asing, menggunakan pengaman seperti kondom saat berhubungan seksual.

Upaya pencegahan tentu lebih baik dibandingkan mengobati kanker yang kerap terdeteksi setelah memasuki stadium akhir. Anda wajib tahu bahwa angka harapan hidup orang yang menderita kanker ini pada tahun pertama masih cukup tinggi yakni mencapai 81%.

Penyebab Kanker Mulut

penyebab kanker mulutBanyak peneliti menuding mutasi DNA merupakan penyebab serangan penyakit kanker namun hal ini belum dapat dipastikan seratus persen.

Mutasi DNA menjadi penyebab 25 persen kanker mulut. Namun apa yang menjadi penyebab terjadinya mutasi DNA, belum diketahui dengan jelas.

Mengenai penyebab kanker mulut terdapat beberapa keadaan yang dianggap dapat meningkatkan risiko terserang kanker, antara lain :

  1. Paparan matahari yang berlebih, terlebih lagi ketika usia muda yang dapat memicu terserang kanker pada area bibir.
  2. HPV (Human papillomavirus) khususnya HPV 16 yang merupakan salah satu jenis virus yang dapat menular melalui hubungan seksual, terutama oral seks.
  3. Mengonsumsi tembakau menjadi faktor utama penyebab kanker mulut.
  4. Mengonsumsi alkohol berlebihan juga menjadi faktor penting lain penyebab kanker. Dan para peminum alkohol berisiko 6 kali terhadap kemungkinan menderita penyakit kanker. apabila para peminum alkohol juga gemar merokok, maka risiko kanker akan naik menjadi 30 kali dibandingkan orang yang tak merokok maupun minum alkohol.
  5. Pola makan diduga juga menjadi faktor lain penyebab kanker mulut. Orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan menu harian minim sayur serta buah-buahan atau bahkan tidak sama sekali mengonsumsinya, memiliki risiko terserang kanker.
  6. Risiko serangan kanker juga dapat meningkat dengan bertambahnya usia. Tercatat bahwa kanker mulut lebih banyak diderita oleh orang yang telah berusia 40 tahun atau lebih.
  7. Sistem imunitas tubuh yang lemah dan riwayat kesehatan dalam keluarga juga membuat seseorang lebih berisiko terserang kanker.
  8. Paparan radiasi maupun terpapar oleh zat kimia misalnya formaldehida dan asam sulfur dapat pula memicu serangan kanker mulut.
  9. Tidak teratur menggosok gigi juga dapat jadi pemicu kanker mulut. Kaum pria pada umumnya berisiko lebih besar daripada wanita karena sebagian pria malas memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya.

Gejala Kanker Mulut

gejala kanker mulutGejala kanker mulut juga sukar dibedakan dengan penyakit mulut lainnya, sehingga perlu adanya diagnosa khusus untuk bisa mengetahui gejala kanker ini lebih dini.

Berikut ini adalah gejala kanker mulut yang dapat terjadi, yaitu :

  • Sariawan
    Pada penyakit kanker ini, biasanya penderita akan terlebih dulu mengalami sariawan. Sariawan yang merupakan gejala kanker mulut ditandai dengan rasa perih yang tak kunjung sembuh serta munculnya pendarahan bila sariawan atau sel kanker sudah terlalu lama berkembang disana.
  • Benjolan atau bercak dalam mulut
    Anda perlu mewaspadai adanya benjolan atau bercak yang tidak biasa di dalam area mulut. Bercak atau benjolan ini umumnya disertai rasa nyeri saat tersentuh dan kerap muncul di area seperti lidah, langit mulut atau dinding mulut.
  • Nyeri di area mulut
    Pada area mulut yang terserang kanker, umumnya rasa nyeri akan menyertai penderita sejak awal sel kanker tumbuh. Selain itu, penderita juga akan mengalami rasa sakit menelan, sakit mengunyah, dan sakit ketika berbicara. Rasa nyeri ini termasuk gejala kanker mulut yang bisa diamati tanpa bantuan medis.
  • Perubahan suara dan gaya bicara
    Pada kanker yang tumbuh disekitar lidah biasanya akan menimbulkan perubahan gaya bicara penderitanya. Mereka bisa berubah menjadi cadel ketika mengucapkan sesuatu. Perubahan suara atau gaya bicara juga termasuk gejala kanker mulut yang jarang diperhatikan oleh penderitanya.
  • Sakit rahang
    Sakit pada bagian rahang termasuk indikasi ada penyakit yang tengah menginfeksi mulut anda. Salah satunya adalah penyakit ganas kanker yang bisa dideteksi dari bagian rahang yang terasa nyeri serta kaku saat digerakan.

Ciri-ciri Kanker Mulut

ciri-ciri kanker mulutBagi Anda yang ingin mengetahui ciri-ciri kanker mulut, maka hal tersebut bisa diketahui.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker mulut, yaitu :

  • Muncul rasa nyeri di mulut.
  • Ada penebalan atau benjolan di pipi.
  • Terdapat bercak merah atau putih di mulut atau tenggorokan.
  • Tenggorokan terasa sakit pada saat menelan.
  • Lidah menjadi mati rasa.
  • Gigi goyang bahkan lepas tanpa penyebab yang jelas.
  • Terasa sakit pada rahang atau gigi.
  • Terjadi perubahan pada suara.
  • Muncul benjolan di leher.
  • Terjadi penurunan berat badan secara drastis.
  • Muncul bau mulut.
  • Terjadi penebalan atau muncul benjolan di bagian bibir.
  • Muncul benjolan pada tenggorokan.
  • Terjadi pendarahan yang tak biasa atau mati rasa pada mulut.
  • Terasa sulit untuk menggerakkan rahang.
  • Terjadi sariawan yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu beberapa minggu.
  • Terjadi sariawan yang juga mengalami pendarahan.
  • Muncul benjolan atau terjadi penebalan di dinding dalam mulut yang tak kunjung hilang.
  • Terjadi pembengkakan di kelenjar getah bening leher yang tak kunjung sembuh.
  • Terada sakit atau sulit untuk menelan dan mengunyah.
  • Terasa sakit di dalam mulut, terutama lidah.
  • Kesulitan berbicara.

Beberapa ciri-ciri kanker mulut di atas akan sangat membantu untuk siapa pun yang ingin mengenalinya. Jika sudah mengetahui sejumlah ciri di atas, maka diharapkan seseorang bisa melakukan langkah yang tepat untuk penanganan terbaik.

Pengobatan Kanker Mulut Secara Alami Tanpa Efek Samping

manfaat jamur maitake sebagai obat kanker dan tumorSama seperti jenis kanker pada umumnya, untuk kanker  ini memiliki tingkat tingkat “keganasan atau malignasi” tersendiri ketika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Dikenal dengan sebutan kanker rongga mulut, kanker ini berkembang pada bagian rongga mulut termasuk di dalamnya pada bibir, gusi, lidah hingga bagian sekitar orofaring. Mengingat bahaya kanker , hingga kini pihak praktisi kesehatan masih berusaha keras mengembangkan berbagai penelitian untuk menemukan pengobatan kanker mulut secara tepat.

Dalam dunia medis, pengobatan kanker mulut sering kali melibatkan berbagai tindakan seperti halnya kemoterapi, pemberian radiasi hingga melalui tindakan pembedahan.

Tentunya yang demikian ini membutuhkan biaya yang sangat mahal dengan efek samping yang sangat besar bagi kesehatan tubuh pasien. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika pengobatan kanker dilakukan secara alami dengan memanfaatkan bahan herbal di lingkungan sekitar.

Berikut ini beberapa bahan herbal yang sering kali dimanfaatkan sebagai bagian dari pengobatan kanker rongga mulut.

Tanaman benalu

Untuk jenis tanaman ini pastinya Anda sudah mengenal dengan baik. Tanaman yang dikenal selalu mengganggu tanaman lain ini, ternyata bisa dijadikan sebagai pencegahan.

Buah mengkudu

Dikenal dengan aromanya yang sangat kurang sedap, buah mengkudu ternyata juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai bagian dari pencegahan masalah kanker.

Kandungan dammachantel yang terdapat pada daging buah mengkudu bisa difungsikan sebagai obat anti kanker sehingga secara bertahap akan mematikan sel kanker tersebut.

Untuk membuktikan khasiat tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jus mengkudu dengan mencampurkannya sedikit madu sebagai perasa manis.

Tanaman keladi tikus

Memiliki nama latin Typhonium Flagelliaforme, tanaman keladi tikus ini juga dikenal membantu dalam mengurangi efek negative akibat kemoterapi karena kandungan antivirus dan antibakteri yang terkandung di dalamnya.

Jamur Maitake

Dari sekian banyak bahan alami yang digunakan dalam pengobatan kanker mulut, anda juga bisa memanfaatkan bahan alami lain yang sudah terbukti khasiatnya yaitu Jamur maitake.

Jamur maitake adalah tanaman yang dipercaya mampu mengobati permasalahan kanker mulut. Ragam kandungan vitamin, mineral dan zat anti kanker yang terdapat di dalam jamur maitake ini akan mampu untuk membunuh sel kanker supaya tidak meluas ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Untuk itu, jika Anda mengeluhkan permasalahan kanker mulut, Anda bisa mengkonsumsi jamur maitake ini.

 

Artikel Terkait :

Summary
Description
Kanker mulut adalah pertumbuhan sel tidak normal yang menyerang bagian mulut mencakup daerah bibir, lidah, pipi, gusi, dasar mulut, langit-langit mulut, sinus serta tenggorokan. Ketahui cara pencegahan, penyebab, gejala , ciri dan pengobatan kanker mulut.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments