kanker lidah adalah kanker yang menyerang bagian lidah

Kanker Lidah | Penyebab, Gejala, Ciri dan Pengobatannya

Kanker Lidah | Penyebab, Gejala, Ciri dan Pengobatannya

penyakit kanker lidahKanker lidah adalah jenis penyakit yang menyerang lidah atau kanker yang berkembang pada sel-sel skuamosa di permukaan lidah.

Sel skuamosa adalah sel yang berbentuk pipih atau datar seperti kulit yang melapisi permukaan lidah, mulut, laring, tiroid dan tenggorokan.

Ciri atau gejala awal kanker ini sering diabaikan para penderita seperti sariawan yang tak kunjung sembuh, kebas pada lidah, kesulitan menelan dan lain-lain.

Fakta Seputar Kanker Lidah

fakta kanker lidahDewasa ini, kanker lidah menjadi salah satu jenis penyakit yang ditakuti sebab data menunjukkan terjadi peningkatan sebanyak 68% penderita di dunia.

Penyakit berbahaya ini tidak hanya menyerang salah satu gender namun juga menyerang anak-anak. Ternyata kebiasaan anak-anak mengkonsumsi makanan ringan yang penuh dengan garam serta pengawet menjadi pemicu utama.

Konsumsi berlebihan akan menyebabkan si kecil berisiko terkena penyakit kanker lidah yang berbahaya. Para orangtua wajib mewaspadai dan memperhatikan kesehatan anak-anak.

Deteksi dini kanker lidah

Cara mendeteksi dini adalah melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika mulut mengalami luka. Luka yang terlalu lama tidak kunjung sembuh bisa berkembang menjadi kanker.

Luka berupa bercak putih yang kadang dicap sebagai sariawan jangan diabaikan terlalu lama. Lokasi kanker ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu kanker lidah oral yang menyerang dan berkembang di bagian depan lidah, sedangkan kanker lidah dasar terjadi di pangkal lidah yang dekat dengan tenggorokan.

Deteksi yang terlambat tentu akan menyulitkan proses pengobatan kanker ganas ini. Jangan sampai deteksi kanker baru diketahui setelah sel kanker berkembang mencapai stadium empat atau akhir.

Penyebabnya Kanker Lidah

penyebab kanker lidahAdanya pertumbuhan tumor pada area lidah lalu semakin berkembang, maka inilah yang merupakan kondisi kanker.

Sel-sel kanker dapat ditemukan pada permukaan lidah. Terdapat beberapa faktor penyebab kanker lidah, antara lain :

1. Merokok

Rokok dengan berbagai kandungan zat berbahaya di dalamnya memang menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker. Asap rokok sebaiknya tidak dianggap remeh sebab asap yang mengandung senyawa berbahaya tersebut akan merusak rongga mulut, gigi, gusi dan lidah, bahkan menjadi penyebab kanker lidah.

Dalam dunia medis tercatat bahwa kebanyakan penderita penyakit kankerĀ  merupakan para perokok aktif dengan jumlah rokok yang dikonsumsi cukup banyak perharinya.

2. Oral seks

Human Papilomavirus atau HPV dapat menular dari kulit si penderita HPV ke area mulut dan lidah secara langsung akibat oral seks. Barang-barang yang telah terkontaminasi Human Papilomavirus juga dapat menjadi sarana cepat penyebaran HPV ke mulut dan lidah. Perkembangan HPV di area lidah akan menjadi penyebab kanker lidah.

3. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi salah satu penyebab kanker lidah. Mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah banyak dan sering akan merusak sel-sel tubuh.

Kandungan alkohol sebenarnya tak layak dikonsumsi jumlah banyak dan sering karena dapat merusak organ dan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel di lidah. Kerusakan sel-sel di lidah dapat menimbulkan tumor lidah, yang apabila terus berkembang akan menjadi kanker.

4. Riwayat kesehatan pihak keluarga

Perhatikan tentang riwayat kesehatan keluarga, apakah ada keluarga yang pernah mengalami kanker mulut? Orang-orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker memiliki risiko yang lebih besar menderita kanker yang sama.

Masalah keturunan juga menjadi salah satu penyebab kanker lidah.
Apabila telah mengetahui terdapat keluarga dengan riwayat kanker ini, maka lebih waspadalah dengan cara menjaga kebersihan rongga mulut, gigi, dan lidah.

Gejala Kanker Lidah

gejala kanker lidahGejala kanker lidah seringkali muncul tanpa kita sadari. Penyakit yang terbilang mematikan ini kerap luput dari perhatian karena umumnya gejala kanker lidah mirip dengan penyakit ringan lainnya seperti radang dan sariawan.

Penyakit kanker lidah merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel lidah dan tumbuh di bagian permukaan lidah dikenal dengan sel skuamosa. Sama mematikan dengan penyakit kanker lainnya, membuat gejala kanker ini wajib untuk diwaspadai bersama.

Bila dilihat dari anatomi, lidah manusia terdiri dari dua bagian yaitu ujung dan pangkal. Pada beberapa kasus, sel kanker juga bisa menyerang di bagian tersebut secara cepat bila tidak segera mendapat penanganan.

Biasanya, ahli medis membedakan kategori kanker lidah menjadi dua yaitu kanker yang terjadi di pangkal lidah sebagai bagian dari kanker orofaring, sedangkan kanker yang terjadi di bagian ujung lidah dikategorikan sebagai kanker mulut.

Beberapa gejala kanker lidah yang biasanya dianggap sebagai gejala penyakit ringan antara lain akan dijelaskan pada poin berikut ini. Simak ya!

1. Sakit area tenggorokan

Tenggorokan menjadi area yang sangat sensitif ketika diserang penyakit kanker yang terbilang mematikan ini. Gejala kanker lidah biasanya juga disertai rasa sakit di sekitar tenggorokan.

2. Sakit menelan

Rasa nyeri saat menelan juga termasuk gejala yang terkadang dianggap hanya radang tenggorokan saja. Gejala ini diakibatkan karena kelenjar tiroid disekitar leher juga mengalami dampak dari penyebaran sel kanker.

3. Sakit telinga

Telinga merupakan bagian yang cukup dekat dengan tenggorokan. Umumnya, pada beberapa jenis kanker yang menyerang tenggorokan seperti kanker gusi, kanker nasofaring, dan lainnya juga menimbulkan rasa sakit di bagian telinga. Begitu juga dengan gejala kanker lidah yang sering menimbulkan nyeri di telinga penderita.

4. Bercak atau benjolan

Waspadai bila ada bercak berwarna putih yang tidak biasanya ada di bagian permukaan lidah dan sekitarnya. Bercak atau benjolan kecil yang seringkali diduga sebagai sariawan menjadi salah satu gejala yang banyak ditemukan. Benjolan atau bercak ini terkadang disertai rasa perih dan sakit pada waktu tertentu.

5. Pendarahan

Pendarahan bisa saja terjadi bila sel kanker semakin menunjukkan aktivitasnya. Dengan kata lain, ketika penderita tidak segera mendiagnosa melalui medis maka sel kanker yang belum diketahui tersebut akan berkembang dan menyerang bagian jaringan yang masih sehat. Saat inilah pendarahan terjadi karena banyaknya jaringan sehat yang mengalami infeksi tersebut.

Ciri-ciri Kanker Lidah

ciri-ciri kanker lidahMengenal ciri-ciri kanker lidah menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini sifatnya bukan hanya untuk satu atau beberapa kalangan, namun untuk semua orang.

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri kanker lidah yang bisa kita tahu secara umum, baik dengan melihatnya secara langsung atau menanyakan apa yang dirasakan oleh penderitanya, yaitu :

  1. Muncul bercak berwarna putih atau merah, sariawan, atau benjolan yang tidak kunjung sembuh selama 3 minggu.
  2. Terjadi sakit tenggorokan yang berlangsung secara terus-menerus.
  3. Terasa sakit pada saat menelan atau disfagia.
  4. Terjadi perubahan pada suara atau justru merasa kesulitan untuk berbicara.
  5. Terjadi pendarahan tanpa sebab yang jelas di bagian lidah.
  6. Muncul rasa kebas di dalam mulut yang tak kunjung hilang.
  7. Terasa sakit di bagian telinga, meskipun ciri ini cukup jarang ditemukan.
  8. Muncul benjolan di bagian lidah.
  9. Muncul benjolan-benjolan pada bagian dalam mulut yang tak kunjung hilang.
  10. Muncul benjolan-benjolan pada kelenjar getah bening di leher yang tak kunjung hilang.
  11. Terjadi penurunan berat badan yang tak jelas penyebabnya.
  12. Terjadi pendarahan atau mati rasa pada mulut.
  13. Gigi mengendur tanpa penyebab yang jelas.
  14. Terasa silit menggerakkan rahang.

Sejumlah ciri-ciri kanker lidah seperti yang ada di atas sudah Anda tahu. Dengan begitu, ada baiknya Anda segera memeriksakan ke dokter jika beberapa gejala di atas muncul.

Pengobatan Kanker Lidah Dengan Jamur Maitake

pengobatan kanker lidahJika sudah berbicara tentang kanker, sering kali kematian selalu dikaitkan ketika pengobatan kanker lidah yang dirasa tidak memberikan hasil yang signifikan.

Hal ini terjadi pada beberapa orang termasuk di dalamnya adalah Daniel Dion, kakak dari artis kenamaan Celine Dion yang harus meregang nyawa karena kanker ini.

Lantas, bagaimana pengobatan kanker lidah yang kemudian akan dilakukan oleh dokter? Berikut ulasannya.

1. Melalui tindakan operasi

Untuk Anda yang divonis menderita kanker pada stadium awal, sering kali pengobatan kanker lidah melalui tindakan operasi akan ditawarkan oleh dokter. Hal ini dianggap cukup efektif guna memerangi sel kanker yang terdapat pada lidah tersebut. Sering kali, prosedur operasi ini akan dikombinasikan dengan pemberian radioterapi ataupun juga kemoterapi yang nantinya diharapkan akan mendapatkan kesembuhan secara total.

Namun, jika sel kanker yang terdapat pada lidah memiliki ukuran yang sangat besar, maka tindakan pengobatan kanker lidah berupa pengangkatan lidah melalui operasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan glosektomi bisa dijadikan sebagai pilihan. Selanjutnya, dokter akan melakukan rekonstruksi lidah sebagai pengganti lidah yang telah diangkat tersebut. tentunya, operasi pengangkatan lidah ini bisa dilakukan dengan syarat sel kanker terdapat pada bagian pangkal dan ditakutkan akan menyebar ke kelenjar getah bening.

2. Tindakan radioterapi

Untuk pengobatan kanker lidah lainnya bisa dilakukan melalui tindakan radioterapi, di mana sel kanker akan dihancurkan dengan memanfaatkan gelombang radiasi. Tindakan ini dilakukan sebagai antisipasi agar sel kanker tidak menjalar pada bagian tenggorokan, sebab pada kasus ini, sel kanker tersebut menyerang bagian pangkal lidah.

3. Melalui tindakan kemoterapi

Memang jalan utama yang dilakukan untuk memerangi sel kanker adalah dengan melakukan kemoterapi. pengobatan kanker lidah melalui kemoterapi ini dilakukan untuk menghancurkan sel kanker yang ada di seluruh tubuh, sehingga tidak akan menyebar ke organ lainnya.

manfaat jamur maitake sebagai obat kanker dan tumorJika mengamati tindakan pengobatan kanker lidah di atas, bisa dikatakan sangatlah membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba kembali ke alam dengan menggunakan produk jamur maitake.

Dengan berbagai kandungan bermanfaat di dalamnya, serta melalui pengkonsumsian secara teratur, Anda akan mendapatkan kesembuhan dengan memanfaatkan pengobatan kanker lidah melalui jamur maitake ini.

 

Artikel Terkait :

Summary
Kanker lidah
Article Name
Kanker lidah
Description
Kanker lidah adalah jenis penyakit yang menyerang lidah atau kanker yang berkembang pada sel-sel skuamosa di permukaan lidah. Ketahui penyebab, gejala, ciri-ciri dan pengobatan kanker lidah.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments