kanker getah bening adalah kanker yang menyerang kelenjar getah bening

Kanker Getah Bening | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker

Kanker Getah Bening | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker Getah Bening

penyakit kanker getah beningKanker getah bening adalah penyakit kanker yang menginvasi kalenjar getah bening yang bisa mempengaruhi kesehatan organ mulut, sel-sel saraf mulut dan semua bagian yang terhubunga dengan kalenjar ini.

Terkadang gejala kanker getah bening kerap diabaikan hingga mencapai stadium lanjut. Akibatnya, kematian penderita kanker kalenjar getah bening terus meningkat sepanjang waktu.

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kanker Getah Bening

Selain deteksi dini dan memperlakukan gaya hidup sehat seperti menjaga kesehatan mulut, Anda juga wajib tahu mengenai 5 jenis makanan yang wajib dihindari bagi penderita kanker getah bening berikut ini :

1. Makanan pedas dan dibakar

Jenis makanan pertama yang wajib masuk daftar hitam adalah makanan yang memiliki cita rasa pedas dan dibakar. Makanan yang dibakar bisa memiliki kandungan zat karsinogen yang bisa mengubah kandungan asam deoksiribonukleat menjadi zat perusak jaringan.

2. Alkohol

Konsumsi alkohol tentu tidak baik bagi kesehatan tak hanya pada penderita kanker getah bening. Namun, penderita kanker yang mengkonsumsi alkohol akan memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Pasalnya, alkohol mampu merusak sel saraf otak.

3. Daging unggas

Penderita juga tidak boleh mengkonsumsi aneka menu makanan dari daging unggas karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi daging unggas berlebihan bisa memicu timbulnya tumor pada organ tubuh.

4. Makanan yang mengandung pengawet

Musuh kanker getah bening adalah makanan yang mengandung zat kimia pengawet. Zat kimia dalam bahan pengawet bisa menyebabkan penderita mengalami tumor mulut yang akan memperparah kondisi kanker yang tengah dialami.

5. Seafood

Makanan yang enak ini tidak disarankan untuk penderita kanker kalenjar getah bening karena dikategorikan dalam makanan penyebab kanker tersebut. Jadi, para penderita kanker berbahaya ini wajib selektif memilih makanan.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli medis soal konsumsi makanan sehat selama masa pengobatan kanker berlangsung. Hal yang paling baik tentu saja mencegah kemungkinan terjadi kanker agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya kanker mematikan ini.

Penyebab Kanker Getah Bening

penyebab kanker getah beningInformasi tentang penyebab kanker getah bening menjadi satu hal yang ada baiknya untuk Anda tahu. Hal ini dikarenakan kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan yang cukup sering terjadi di Indonesia.

Oleh karena itu, hal tentang bahasan serupa pun bisa Anda tahu dengan menyimak ulasan di bawah ini.

1. Infeksi tertentu

Ada sejumlah bakteri atau virus yang menjadi penyebab kanker getah bening. Hal ini bisa terjadi jika ada virus yang tumbuh dan membelah di sel limfoma atau menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam waktu lama, sehingga memicu perkembangan limfoma.

2. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Seseorang lebih berisiko terkena kanker jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini akan membuatnya tak bisa melindungi diri dari serangan virus dan infeksi.

3. Pengobatan kanker sebelumnya

Seseorang yang mempunyai riwayat kanker sebelumnya dan melakukan kemoterapi serta radioterapi mempunyai risiko besar mengembangkan limfoma.

Hal ini menjadi salah satu efek dari pengobatan yang bisa merusak sel sehat yang normal.

4. Bahan kimia

Ada lagi penyebab kanker getah bening, yaitu paparan bahan kimia. Misalnya saja seperti pewarna rambut, pestisida, dan beberapa produk kimia yang lainnya. Hal ini terjadi bukan hanya untuk para pemakai produk, namun juga yang bekerja di dalamnya.

5. Usia

Jenis kanker ini lebih sering menyerang orang dengan usia lanjut. Hal ini terjadi karena ada mutasi pada gen yang terus berjalan, sementara tubuh seseorang yang sudah memasuki usia lanjut semakin renta, sehingga sulit mengimbanginya.

6. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker getah bening. Misalnya saja seperti kebiasaan merokok. Hal ini bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

7. Riwayat keluarga

Risiko seseorang terkena limfoma bisa meningkat bila ada saudara kandung atau orangtua yang mengalami kanker getah bening. Hal ini menjadi satu bentuk warisan genetika.

Beberapa penyebab kanker seperti di atas sudah Anda ketahui. Dengan begitu, Anda pun bisa memahami apa saja yang menjadi penyebab penyakit berbahaya yang satu ini.

Gejala Kanker Getah Bening

gejala kanker getah beningSeperti yang kita ketahui, kelenjar getah bening merupakan salah satu kelenjar penting dalam tubuh manusia yang berfungsi menghasilkan beberapa hormon serta menjaga stabilitas kondisi tubuh.

Oleh sebab itu, munculnya sel kanker kelenjar getah bening perlu segera ditangani agar tidak berujung buruk bagi penderitanya, dan yang kali pertama harus dilakukan adalah mengetahui apa saja gejala kanker getah bening yang bisa diamati.

Gejala kanker getah bening bisa berbeda pada setiap kasus. Banyak kondisi penderita yang kemudian menjadi diagnosa awal dari gejala kanker getah bening tersebut.

Beberapa gejala kanker getah bening akan dipaparkan pada ulasan berikut ini :

1. Demam

Suhu tubuh yang kian meningkat selalu menjadi patokan bahwa kondisi seseorang tidak dalam keadaan yang prima atau sehat. Demam menjadi indikator adanya kondisi lemah dari seseorang yang mungkin tengah terinfeksi virus atau diserang penyakit tertentu.

Salah satu gejala yang bisa diamati dari awal adalah demam yang temperaturnya berada di sekitar 37 hingga 38 derajat Celcius.mDemam mungkin tergolong sebagai panas biasa, namun seringkali muncul pada malam hari dan menjelang pagi.

2. Sering kelelahan

Penderita kanker akan otomatis mengalami penurunan metabolisme tubuh, sehingga kondisi tubuhnya pun akan berangsur lemah. Gejala kanker getah bening juga bisa memunculkan kondisi penderita yang sering merasa kelelahan meski tidak dalam aktivitas yang berat.

3. Perut begah

Rasa nyaman juga akan dirasakan bagi sebagian besar penderita kanker pada bagian pencernaan. Ini dikarenakan tekanan hormon yang semakin meningkat serta kerusakan jaringan sehat yang berpengaruh pada nafsu makan serta rasa penuh di dalam perut. Selain itu, pada beberapa kasus kanker getah bening, penderita juga bisa merasakan nyeri pada bagian tersebut.

4. Berkeringat

Keringat memang seharusnya dikeluarkan sebagai tanda bahwa tubuh kita mengalami metabolisme secara normal. Namun, bila kondisinya keringat lebih sering muncul di waktu malam, Anda juga harus berhati-hati. Berkeringat pada malam hari juga merupakan salah satu gejala kanker getah bening.

5. Berat badan turun drastis

Selain nafsu makan yang berkurang, penderita akan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Gejala ini dialami selama kurang dari enam bulan sejak munculnya gejala kanker getah bening lainnya. Biasanya, penurunan berat badan penderita berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari sebelumnya.

6. Pembengkakan

Gejala kanker getah bening yang paling mudah diamati adalah adanya pembengkakan pada bagian kelenjar getah bening. Biasanya, bengkak muncul di sekitar leher, ketiak, atau pangkal paha.

Ciri-ciri Kanker Getah Bening Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker getah bening non Hodgkin yang bisa Anda waspadai diantaranya adalah :

1. Adanya rasa sakit ataupun pembengkakan di area perut
2. Membesarnya kelenjar getah bening di area sekitar leher, selangkangan maupun ketiak yang tidak terasa sakit.
3. Makan sedikit namun cepat kenyang
4. Keringat di waktu malam hari
5. Anemia
6. Hingga kelelahan ekstrim

Jika Anda merasakan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas dalam waktu sebagian besar. Maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatannya yang lebih lanjut.

Adapun saja ciri-ciri kanker getah bening Hodgkin adalah :

1. Demam yang menggigil
2. Hilangnya selera makan
3. Terus-menerus merasa lelah
4. Berat badan menurun tanpa sebab yang jelas
5. Pembesaran getah bening diarea selangkangan atau ketiak hingga leher tanpa dirasa sakit
6. Gatal-gatal
7. Serta sensitivitas pada efek alkohol yang meningkat atau disertainya rasa sakit pada kelenjar getah bening pasca meminum alkohol

Jika Anda sudah mengalami ataupun merasakan gejala-gejala diatas maka segera kunjungi layanan kesehatan untuk mengetahui apa saja penyebab dari yang Anda keluhkan. Dan pengobatan pun bisa segera dilakukan.

Beberapa Pengobatan Kanker Getah Bening dengan Tanaman Herbal

Agar Anda tidak terlalu dipusingkan dengan kanker getah bening ada baiknya Anda langsung menyimak pengobatan kanker getah bening berikut ini :

1. Daun sirsak

Salah satu pengobatan kanker getah bening adalah dengan mengonsumsi daun buah sirsak. Dengan adanya kandungan carvone, anethofuran dan acetogenins yang alami dapat membantu meredam sel kanker.

Cara pengobatan kanker getah bening menggunakan daun sirsak adalah dengan merebus 7 helai daun sirsak dengan menambahkan 200 cc air. Biarkan sampai mendidih, dan jika sudah saringlah dan biarkan hingga dingin.

2. Kunyit putih

Kunyit putih yang memiliki nama ilmiah curcuma mangga ini dapat dijadikan sebagai obat herbal alami untuk mengobati kanker getah bening. Kandungan minyak atsirinya efektif dalam mengobati pembengkakan. Tidak hanya itu, kunyit putih juga mampu merangsang dan menaikkan daya tahan tubuh serta merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam mengobati kanker tersebut, kunyit putih berperan dalam mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Manggis

Buah manggis tentu sudah tidak asing lagi. Siapa sangka jika tanaman ini bahkan bisa mengobati penyakit kanker getah bening secara alami. Adanya senyawa antioksidan dan flavonoid yang merupakan bahan aktif anti kanker tentu dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang ada.

ak hanya itu saja, ada juga kandungan lain di dalam buah manggis seperti tookoferol dan polifenol. Jadi Anda tinggal meminum air hasil rebusan kulit manggis secara rutin. Anda bisa meminumnya 3 hingga 8 kali per gelasnya dalam seharinya.

Jamur Maitake sebagai Pengobatan Kanker Getah Bening secara Alami

manfaat jamur maitake sebagai obat kanker dan tumorJamur memang sudah tidak asing lagi jika dijadikan campuran masakan. Namun tahukah Anda jika ada salah satu jenis jamur yang dapat digunakan sebagai pengobatan kanker getah bening?

Jamur maitake adalah salah satu jenis jamur yang memiliki kandungan senyawa yang mampu mengobati sel kanker serta mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Untuk mengobatinya sendiri Anda bisa mengolahnya dengan beragam kreasi masakan. Namun tetap pastikan membeli jamur tersebut dalam keadaan segar.

Jika tidak ingin mengolahnya Anda bisa mendapatkan ekstrak jamur maitake yang berupa bubuk, kapsul hingga suplemen untuk mengobati kanker getah bening tersebut.

 

Artikel Terkait :

Summary
Kanker Getah Bening | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker
Article Name
Kanker Getah Bening | Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker
Description
Kanker getah bening adalah penyakit kanker yang menginvasi kalenjar getah bening yang bisa mempengaruhi kesehatan organ mulut, sel-sel saraf mulut dan semua bagian yang terhubunga dengan kalenjar ini. Simak penyebab, gejala dan pengobatannya.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments