manfaat jamur maitake sebagai obat kanker

Jamur Maitake Untuk Penyakit Kanker, Tumor Dan Gangguan Sistem Imun

Manfaat Jamur Maitake untuk Penyakit Kanker, Tumor & Gangguan Sistem Imun

jamur maitake digunakan untuk pengobatan kankerJamur maitake mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, biasanya jamur ini dikenal sebagai bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan.

Rasa jamur yang agak kenyal tetapi gurih memberikan citarasa yang khas sehingga banyak orang menyukai jamur. Saat ini berbagai jenis jamur sudah dijual bebas di pasaran tetapi jamur ini memiliki keunggulan tersendiri. Dimana manfaat jamur maitake ternyata sangat bagus untuk kesehatan dan pengobatan penyakit kanker.

Sejarah Jamur Maitake

Nama jamur maitake memang masing-masing di telinga masyarakat Indonesia. terlebih manfaat jamur bagi kesehatan mungkin belum diketahui hingga saat ini. Padahal manfaat jamur bagi obat herbal untuk kesehatan sudah terkenal di awal tahun 1980 di Jepang.

Pada waktu itu, para ahli farmasi di Jepang melakukan studi ilmiah yang berkaitan dengan manfaat serta khasiat jamur bagi kesehatan yang mungkin belum terduga sebelumnya.

Pada waktu itu di Jepang juga telah terdapat 3 jenis jamur yang sudah populer serta diakui sebagai jamur kesehatan oleh pemerintah Jepang. Tiga jenis jamur tersebut adalah jamur ling zhi, jamur shitake dan jamur karawatake.

Selain ketiga jamur tersebut pada pertengahan 1980 para ilmuan Jepang akhirnya menemukan jamur yang memiliki potensi dibandingkan dengan penemuan sebelumnya.

Dimana jamur tersebut adalah jamur maitake yang memiliki ukuran raksasa dan besarnya mencapai sebesar bola basket. Bahkan ada pula yang menyebut jamur ini sebagai raja jamur karena ukurannya yang besar.

Selain itu jamur maitake juga disebut sebagai jamur menari sebab jamur ini memiliki rasa yang lezat serta manfaatnya sangat banyak. Jamur ini juga tergolong langka hanya bisa ditemukan di pegunungan saja.

Orang-orang yang bisa menemukan jamur ini pasti akan merasa senang dan menari. Tak hanya di Jepang, ternyata jamur ini uga bisa ditemukan di Amerika. Tetapi di Amerika jamur ini disebut sebagai hens of the wood atau ayam betina yang berasal dari kayu karena bentuknya yang menyerupai jengger ayam.

Perlu Anda ketahui bahwa jamur maitake ini memang sulit ditemukan dan tergolong langka di Jepang. Hal ini dikarenakan jamur ini hanya dapat hidup pada kondisi lingkungan yang sensitif dan tidak pasti pada tahun berikutnya.

Semenjak jamur ini semakin diminati karena rasanya yang lezat serta manfaat jamur maitake yang banyak, membuat para petani maupun peneliti mencoba membudidayakan jamur ini.

Usaha para petani dan peneliti untuk membudidayakan jamur maitake ternyata gagal sehingga banyak orang yang menyebut jamur ini sebagai jamur fantasi karena mustahil untuk dikembangbiakkan. Ternyata anggapan terhadap jamur ini sebagai jamur fantasi tersebut akhirnya terpatahkan oleh Yoshinobu Ordaira seorang petani dari Jepang.

Yoshinobu Ordaira menjadi orang pertama yang telah berhasil melakukan budidaya terhadap jamur maitake. Atas usahanya selama bertahun-tahun serta menghabiskan biaya yang tak sedikit, petani ini berhasil mengembangbiakkan jamur ini secara massal.

Semenjak saat itu masyarakat Jepang mulai menggunakan jamur maitake sebagai tanaman herbal. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menjadikan jamur ini sebagai menu makanan.

Kandungan dalam Jamur Maitake

manfaat jamur maitake untuk pengobatan sakit kankerDibalik manfaat jamur yang ternyata sangat bagus bagi kesehatan serta rasanya yang lezat ternyata tersimpan banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan. Dimana kandungan pada jamur maitake ini adalah nutrisi yang cukup lengkap sehingga menjadikan jamur ini penting untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jamur maitake ini diantaranya vitamin B1 dan B2, vitamin D, asam lemak essensial, serat, asam amino, kalium, kalsium, fosfor, zinc dan bioflavonoid. Jamur ini juga memiliki senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dan diberi nama MD-fraction.

Senyawa ini tergolong dalam polisakarida dan mempunyai efek psikologis untuk meningkatkan sistem imun serta melawan infeksi virus seperti HIV, hepatitis serta dapat menghambat dan menjadi terapi untuk penyakit kanker maupun tumor.

Manfaat Jamur Maitake Untuk Kanker, Tumor & Gangguan Imun

Manfaat jamur maitake untuk kanker kini mulai banyak diketahui oleh masyarakat. Terlebih hingga saat ini belum bisa ditemukan obat kanker yang benar-benar tepat dan ampuh menyembuhkan kanker di dalam tubuh penderitanya.

Untuk mengatasi kanker memang bukanlah hal yang mudah tetapi Anda bisa mencegahnya. Pastinya upaya pencegahan sejak dini menjadi hal yang lebih mudah dan tidak sesulit maupun semahal ketika mengobati penyakit kanker.

Salah satu upaya untuk mencegah penyakit kanker bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan herbal. Dimana saat ini banyak jenis tanaman herbal yang sudah teruji secara klinis mampu mencegah timbulnya penyakit kanker.

Sampai saat ini berbagai jenis tanaman diklaim mampu mengobati kanker dan dianggap mujarab. Padahal hingga saat ini para peniliti belum berhasil menemukan tanaman herbal yang ampuh mengobati kanker hingga benar-benar sembuh. Tetapi para peneliti hanya bisa menemukan terapi serta suplemen yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Tetapi ternyata manfaat jamur maitake bisa menjadi tanaman herbal penghambat sel kanker. Bahkan manfaat jamur ini untuk penyakit kanker ini sudah teruji secara klinis oleh para peneliti.

Salah satu jenis penyakit kanker yang bisa dihambat pertumbuhan sel-selnya dalam tubuh dengan menggunakan jamur maitake adalah kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2009 serta termuat dalam jurnal Cancer Research Clinic Oncology disebutkan bahwa jamur maitake memiliki kandungan moleku D-fraction.

Dimana molekul tersebut dapat berfungsi merangsang sistem imunitas tubuh dan membantu mengaktifkan sel-sel tertentu yang akan menyerang sel-sel kanker payudara seperti sel-T, makrofaga serta sel pembunuh alami lainnya.

Selain itu hasil dari penelitian tersebut menunjukkan jamur maitake mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker payudara. Bahkan hasilnya bisa 1,5 kali lebih baik dibandingkan dari jamur shitake. Selain itu manfaat jamur ini 12 kali lebih bagus dibandingkan jamur karawatake serta 16,5 kali lebih bagus dibandingkan jamur ling zhi.

Untuk mencegah terjadinya kanker menggunakan jamur karawatake dengan dosis 300 kali lebih banyak serta dosis 50 kali lebih banyak dengan menggunakan jamur ling zhi.

Dengan menggunakan jamur maitake hasilnya sudah terbukti lebih efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Dengan demikian mengkonsumsi jamur ini sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan serta perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat Jamur Maitake untuk Kesehatan

jamur maitake untuk kesehatan sistem kekebalan tubuhSelain bermanfaat untuk pencegahan serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, ternyata manfaat jamur maitake sangat bagus untuk kesehatan baik secara umum maupun khusus.

Bahkan manfaat jamur ini bagi kesehatan tersebut juga diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Hiroaki Nanba.

Jamur maitake memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap bagi tubuh sehingga jamur ini sangat bagus bagi kesehatan. Dimana secara umum manfaat kesehatan yang diperoleh dengan mengkonsumsi jamur ini adalah dapat menjaga tubuh dari adanya infeksi, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat secara umum ini diperoleh karena adanya kandungan vitamin, protein, asam amino, mineral, antioksidan serta antibiotic alami di dalam jamur maitake.

Jamur ini juga memiliki manfaat kesehatan khusus sehingga dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit. Dimana selain kanker ternyata manfaat jamur maitake dapat mengatasi berbagai jenis penyakit lainnnya seperti hipertensi, hepatitis B, dan kolesterol.

Selain manfaat tersebut, terdapat ada manfaat lain bagi kesehatan diantaranya dapat membantu melangsingkan tubuh, mencegah terjadinya penimbunan lemak, menstabilkan detak jantung, serta membuat otak menjadi lebih fresh.

Manfaat mengkonsumsi jamur ini lainnya adalah membantu melancarkan buang air besar, menghilangkan bekas luka, serta meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh sehingga bisa mencegah anemia.

Kelebihan Jamur Maitake

manfaat jamur maitake untuk kesehatanJamur maitake merupakan jenis jamur yang bisa dimasak menjadi berbagai jenis hidangan yang menggugah selera. Selain rasanya yang enak dan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan ternyata mengkonsumsi jamur ini dalam jumlah yang banyak juga dijamin tak akan menimbulkan efek samping.

Berikut ini akan dijelaskan kelebihan jamur maitake yang perlu Anda ketahui.

1. Tidak mengandung kolesterol

Jamur maitake ternyata sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga sangat luar biasa, Dengan demikian jamur ini terbukti tidak memiliki kadar LDL sehingga sangat aman dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang banyak.

2. Mengandung banyak karbohidrat

Dalam 100 gram jamur maitake terdapat sekitar 2% karbohidrat sehingga jamur ini bisa Anda konsumsi sebagai sumber karbohidrat alternatif. Meskipun sebetulnya kandungan karbohidrat dalam jamur ini masih belum bisa disamakan dengan beras maupun gandum.

3. Kandungan vitamin D yang melimpah

Kandungan vitamin D yang terdapat dalam jamur ini ternyata sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan jika dikonsumsi secara teratur akan membuat kulit Anda terasa lebih kencang dan halus. Selain itu Anda akan terlihat lebih awet muda serta bebas dari keriput maupun jerawat.

4. Kadar magnesium yang rendah

Kadar magnesium yang terkandung dalam jamur maitake sangat bagus bagi kesehatan serta dapat membantu kinerja enzim agar semakin optimal.

5. Mengandung sedikit gula

Memiliki kadar gula tetapi jumlahnya sangat sedikit yaitu sekitar 2,1 mg saja. dengan kadar gula yang tidak terlalu banyak ini justru menjadikan manfaat jamur maitake sangat bagus sebagai sumber energi sehingga tubuh Anda tidak mudah merasa lemas.

6. Mengandung ion

Jamur maitake juga memiliki kandungan ion sebesar 1%. Dimana kandungan ion ini sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah serta hemoglobin. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jamur ini dapat meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh.

7. Bisa diolah Menjadi berbagai jenis masakan

Biasanya tanaman herbal tertentu harus diolah secara hati-hati agar tidak merusak kandungan zat alami yang terkandung di dalamnya. Tetapi Anda tak perlu khawatir jika ingin mengolah jamur maitake karena jamur ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan sesuai dengan selera Anda. Bahkan Anda tak perlu khawatir kandungan zat alami dalam jamur ini akan hilang selama proses pemasakan.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa ternyata manfaat jamur maitake telah terbukti ampuh dan bagus untuk penyakit kanker. Sebab kandungan senyawa aktif dalam jamur ini ampuh menghambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

Selain itu jamur maitake juga memiliki manfaat kesehatan lainnya sehingga Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsinya setiap hari menjadi berbagai sajian yang lezat.

 

Artikel Terkait :

Summary
Jamur Maitake Untuk Penyakit Kanker, Tumor Dan Sistem Imun
Article Name
Jamur Maitake Untuk Penyakit Kanker, Tumor Dan Sistem Imun
Description
Manfaat jamur bagi obat herbal sudah terkenal di tahun 1980 di Jepang. Jamur maitake juga efektif untuk membantu mengatasi penyakit kanker, tumor, autoimun. Jamur maitake merupakan jenis jamur yang sangat untuk membantu mengatasi penyakit kanker, tumor dan autoimun.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments