apa itu kanker pada tubuh manusia

Apa Itu Kanker ? Berikut Fakta-Faktanya Yang Perlu Kita Ketahui

Apa Itu Kanker ?

apa itu kanker yang merusak sistem kekebalan tubuhKanker adalah sel-sel yang tumbuh secara abnormal dan berkembang secara tidak terkendali sehingga merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dan dapat menyebabkan kematian yang cukup menderita.

Kanker menimbulkan kemampuan sel yang tumbuh secara abnormal dan bermutasi berkembanga diluar kendali, kanker menyerang jaringan yang berada didekatnya dan mampu menyebar kebagian tubuh yang lain melalui aliran darah.

Yang lebih parah lagi, sel-sel kanker terprogram untuk membelah diri atau memperbanyak diri dan kemudian apabila sudah terkumpul maka sel kanker tersebut akan terus tumbuh hingga menjadi jaringan baru yang bisa disebut dengan istilah tumor. Setelah berubah menjadi tumor maka perkembangannya yang tanpa terhenti menjadi tumor ganas.

Beberapa sel normal memang sudah dirancang untuk melawan sekaligus mencegah kerusakan yang terjadi termasuk dalam menyingkirkan sel abnolmal yang ada di dalam tubuh seseorang yang disebut NK Cells atau Natural Killer Cells, namun jika tidak cukup kuat maka sel kanker akan terus berkembang.

Pada penderita kanker, pertahanan sel normal sangat kurang populasinya sehingga menyebabkan sel abnormal berada diluar kendali tubuh. Itulah yang menyebabkan mengapa kemudian kanker mampu membentuk kerumunan hingga mampu menghancurkan sel-sel tubuh yang normal.

Sel-sel kanker sendiri tentu membutuhkan berbagai “nutrisi” nya sendiri untuk terus hidup dan tumbuh. Umumnya ada beberapa jenis kanker yang mampu menstimulasi sendiri bahan makanan yang dibutuhkan oleh mereka. Maka dari itu kanker bisa dikatakan sebagai penyakit mematikan yang bisa membunuh seseorang tanpa dapat dikendalikan. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dini lebih lanjut agar kanker dapat diatasi sejak awal.

Namun begitu, masih ada banyak lagi perbedaan dari sel kanker dengan sel-sel normal tubuh. Seperti pertumbuhan sel kanker yang begitu agresif. Ia bahkan mampu tumbuh ke bagian yang lain sekaligus membangun sebuah jaringan baru. Bahkan lebih parahnya sel kanker sudah terprogram untuk tidak rusak ataupun mati seperti pada sel-sel umum yang normal lainnya.

Selain dengan perawatan rutin seperti kemoterapi, kunci untuk melawan penyakit kanker adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari sel sehat dan melemahkan sel yang telah bermutasi / abnormal (sel kanker).

Jamur maitake adalah salah satu bahan alami yang baru – baru ini mendapatkan pengakuan sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker yang dapat melemahkan bahkan melenyapkan sel yang telah bermutasi (sel kanker), memulihkan sel sehat dan meningkatkan NK Cells dalam tubuh kita serta sistem kekebalan tubuh kita.

9 Fakta Tentang Apa Itu Kanker

1. Sel kanker mampu berubah bentuk

Siapa sangka jika sel kanker mampu mengubah bentuk tubuhnya sehingga ia lolos dari perlawanan sel-sel normal didalam tubuh seseorang. Biasanya sel kanker akan meniru menyerupai sel epitel normal dimana ia hidup.

2. Sel kanker diprogram untuk tidak rusak ataupun mati

Memang sungguh mengerikan apa itu kanker. Bahkan sel-selnya pun hidup tanpa adanya kerusakan. Hal ini terjadi karena memang sel kanker tidak mampu untuk mendeteksi kerusakan sehingga sel tersebut tidak akan menghancurkan diri sendiri. Hanya saja kemampuan yang dimiliki adalah menggandakan diri sebanyak mungkin.

3. Sel kanker akan terus tumbuh dan berkembang biak

Sel kanker membelah diri dengan langsung menjadi dua kali lipat dari sel normal yakni empat buah sel. Kemudian ia akan membelah menjadi delapan sel dan begitu selanjutnya hingga menjadi sangat banyak dari waktu ke waktunya. Cukup berbahaya bukan apa itu kanker?

4. Sel kanker memerlukan sirkulasi darah untuk tetap hidup

Sel-sel kanker mampu memberikan sinyal kepada sel normal untuk memberinya aliran darah untuk tempat tumbuh. Pada penelitian mengatakan jika dilakukan pencegahan atas pembentukan pembuluh darah kepada jaringan atau sel-sel kanker maka bisa saja sel kanker akan mati dengan sendirinya.

5. Sel kanker dapat berasal dari adanya virus

Diketahui jika 15% hingga 30% penyebab kanker adalah virus. Virus tersebutlah yang mengubah DNA sel yang normal menjadi bermutasi sehingga ia akan tumbuh menjadi agresif.

6. Ada lebih dari 10 jenis kanker yang ada di dunia

Sel kanker memang bisa tubuh pada organ, jaringan hingga sel manusia. Adapun jenis karsinoma yang tumbuh pada jaringan epitel tubuh. Sarkoma merupakan jenis kanker yang menyerang tulang, kelenjar, sendi maupun otot. Leukimia merupakan salah satu jenis apa itu kanker yang menyerang pada sumsum tulang.

7. Kanker memerlukan gula darah yang tinggi

Kanker akan lebih cepat mengalami pertumbuhan apabila banyak darah yang dimakan. Gula memang digunakan sebagai penghasil energi untuk melakukan sebuah aktivitas tertentu. Maka dari itu sel kanker membutuhkan banyak gula untuk membelah diri sebanyak mungkin.

8. Sel Kanker mampu menyebar ke berbagai bagian tubuh

Sel kanker memang diprogram untuk melakukan penyebaran ke seluruh area tubuh. Hal ini dilakukan melalui pembuluh darah yang didalamnya ikut mengalir sel kanker.

9. Sel Kanker dapat dilenyapkan

Salah satu kunci dari kesembuhan penyakit kanker itu sendiri adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari sel sehat dan melemahkan sel kanker.

Berbeda dengan Kemoterapi yang melemahkan sel kanker tapi sekaligus juga mematikan kekuatan sel sehat, jamur maitake justru dapat memperkuat sel sehat sekaligus melemahkan dan melenyapkan kemampuan sel kanker untuk berkembang.

Perlu diketahui bahwa memang penyakit kanker sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup seseorang. Sangat diperlukan penanganan cepat dan lebih awal untuk menyembuhkannya.

Artikel Terkait :

Summary
Apa Itu Kanker
Article Name
Apa Itu Kanker
Description
Kanker adalah sel-sel yang tumbuh secara abnormal dan berkembang secara tidak terkendali sehingga merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dan dapat menyebabkan kematian yang cukup menderita.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments