kelenjar tiroid

Kelenjar Tiroid | Apa itu Kelenjar Tiroid, Penyebab dan Penyembuhannya

Mengenal Seluk Beluk Kelenjar Tiroid Pada Manusia

penyakit kelenjar tiroid autoimunKelenjar Tiroid – Tubuh kita tersusun dari berbagai kelenjar yang berfungsi untuk mendukung proses kinerja dalam tubuh.

Dari sekian banyak jenis kelenjar yang ada, bagian kelenjar tiroid merupakan salah satu jenis kelenjar endokrin yang terbesar di dalam tubuh. Persebaran kelenjar ini ada di beberapa bagian tubuh, seperti halnya pada bagian leher, tepatnya di depan larynx.

Terkait dengan sistem kerjanya, bagian kelenjar tiroid ini akan memproduksi sejenis hormon yang akan mengatur fungsi tubuh serta mengatur suasana hati kita.

Tidak hanya itu saja, hormon tersebut juga sangat berpengaruh pada kesuburan, detak jantung, pencernaan, pengaturan suhu tubuh hingga detak jantung.

Bagaimana anatomi kelenjar tiroid?

Untuk membedakan dengan jenis kelenjar lain, anatomi dari bagian kelenjar tiroid ini bisa diketahui dari ukuran panjangnya yang mencapai 5 cm, lebar 3 cm dan tebal 2 cm.

Kelenjar ini sering dikenal dengan jakun pada pria yang diselimuti oleh otot serta kulit. Jika dilihat sekilas, kelenjar ini memiliki bentuk layaknya kupu–kupu dengan dua sayap di masing–masing sisinya, dikenal dengan sebutan lobus.

Kedua lobus ini dihubungkan oleh sebuah jaringan lebih kecil yang disebut isthmus dengan panjang dan lebar 1,25 cm.

Secara miskroskopik, bagian dari kelenjar tiroid ini memiliki bagian – bagian utama yang terdiri dari:

Folikel Tiroid

Pada bagian ini tersusun dari sel kecil dengan diameter 0,02 – 0,9 mm yang berfungsi untuk menjalankan dari adanya fungsi tiroid. Dengan inti berupa protein precursor yang dikenal dengan sebutan thyroglobin, bagian ini tersusun dari pembuluh darah dan syaraf.

Sel Folikuler

Dikenal sebagai inti dari inti folikel, sel folikuler ini bekerja dengan mengekskresikan sejumlah hormon tiroid T4 dan T3. Bentuk dari sel ini sangatlah beragam tergantung dari keaktifannya. Beberapa ada yang terbentuk kuboid, kolumnar ataupun datar.

Sel Parafolikular

Dikenal dengan istilah lain pada bagian ini sebagai sel C, bagian ini akan memproduksi kalsitonin yang akan berperan dalam homoestasis kalsium.
Sayangnya, tidak semua orang awam faham dengan letak dari bagian kelenjar tiroid ini. Untuk membedakannya dengan kelenjar getah bening, bisa dilakukan dengan cara yang mudah. dalam hal ini, kita bisa memegang bagian leher.

Jika kita merasakan adanya pergerakan di bagian depan seiring dengan kita menelan makanan, maka gerakan tersebut menandakan bagian dari kelenjar tiroid. Sedangkan kelenjar getah bening terletak pada sisi kanan kiri leher.

Apa saja fungsi dari kelenjar tiroid?

Secara umum, fungsi dari bagian kelenjar tiroid ini adalah untuk memproduksi hormon yang nantinya akan bertanggungjawab dalam mengatur kinerja sistem metabolisme dalam tubuh. Tidak mengherankan jika kelenjar ini sangat berpengaruh pada sistem kinerja dalam tubuh kita.

Secara lebih spesifik, berikut ini fungsi dari kelenjar tiroid :

  1. Meningkatkan kinerja proses pernafasan, denyut jantung serta curah jantung
  2. Meningkatkan pengeluaran atas energi dalam tubuh serta pengkonsumsian oksigen
  3. Meningkatkan penyerapan atas glukosa pada tubuh serta meningkatkan produksi glukosa oleh hati
  4. Mendukung pertumbuhan serta mematangkan sistem saraf pusat
  5. Mempengaruhi adanya siklus menstruasi
  6. Mempercepat adanya proses pembersihan kolesterol yang berasal dari plasma

Bagaimana cara kerja kelenjar tiroid tersebut?

Sistem kerja dari bagian kelenjar tiroid ini akan maksimal dengan hadirnya asupan yodium yang cukup di dalam tubuh. Peranan yodium sangat penting dalam membentuk hormon tiroid yang kemudian akan disesuaikan dengan kondisi tubuh kita.

Proses kinerja kelenjar ini dimulai dari adanya hypothalamus yang akan menghasilkan tyrotropin releasing hormon yang kemudian akan merangsang kelenjar pituitary untuk menghasilkan tyroid stimulating hormon (TSH). Dengan demikian, maka bagian kelenjar ini akan mensekresikan sejumlah hormon tiroid ke dalam peredaran darah.

Perlu kita sadari bahwa sangat penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan dari hormon tiroid yang terdapat dalam tubuh. Jika kita kekurangan hormon tiroid, maka tubuh akan mengalami permasalahan yang disebut sebagai hipotiroid dan jika kelebihan hormon tiroid, maka akan menyebabkan permasalahan hipertiroid.

Gangguan kesehatan apa saja yang terjadi pada kelenjar tiroid?

Sering kali permasalahan pada bagian kelenjar tiroid disebabkan oleh beberapa hal yang dalam hal ini adalah kerusakan pada kelenjar tiroid itu sendiri, masalah hipotalamus yang terdapat pada otak, konsumsi obat dengan kandungan litium serta konsumsi iodium yang berlebih.

Secara umum, permasalahan tersebut terbagi menjadi beberapa hal berikut ini:

1. Hipotiroidsime

Salah satu gangguan kesehatan pada bagian ini disebabkan oleh adanya kekurangan produksi kelenjar tiroid. Masalah ini sering kali diderita oleh para wanita yang berusia 60 tahun. Hal ini ditandai dengan adanya kelelahan, tingginya sensitivitas pada udara dingin, konstipasi hingga kelelahan.

2. Hipertiroidisme

Kebalikan dari hipotiroidisme, masalah pada bagian kelenjar tiroid ini disebabkan oleh adanya tingginya jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh tubuh. Gejala dari permasalahan kesehatan ini ditandai dengan adanya dada yang terasa berdebar, penurunan berat badan, berkeringat hingga perasaan gelisah.

3. Gondok

Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid ini sering kali terlihat pada bagian leher. Jika hal ini terus membesar, maka akan menyebabkan adanya perubahan suara, penyempitan saluran pernafasan hingga batuk.

4. Nodul tiroid

Nodul tidoid adalah salah satu gangguan pada bagian kelenjar tiroid yang ditandai adanya benjolan padat ataupun benjolan dengan isi air. bisa dikatakan jika benjolan tersebut merupakan tumor jinak ataupun juga kista yang jumlahnya bisa saja lebih dari satu.

Apa penyebab gangguan kesehatan tersebut?

Selain tinggi ataupun rendahnya hormon tiroid di dalam tubuh, beberapa hal yang menyebabkan permasalahan pada kelenjar tiroid tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Adanya permasalahan pada bagian hipotalamus yang terdapat di otak ataupun pada kelenjar hipofisis
  2. Kerusakan pada kelenjar tiroid yang disebabkan oleh beberapa hal seperti halnya pada pajanan radiasi
  3. Adanya pengaruh negative atas pengkonsumsian obat–obatan kimia yang mengandung litium
  4. Tindakan operasi atas pengangkatan kelenjar tiroid
  5. Terdapatnya kelenjar iodine di dalam tubuh yang sangat berlebih dari sisi jumlahnya

Bagaimana solusi permasalahan gangguan kesehatan tersebut?

Setelah pihak dokter mengetahui penyakit terkait dengan bagian kelenjar tiroid kita, langkah selanjutnya adalah pihak medis akan melakukan pengobatan sesuai dengan penyakit tersebut.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan oleh kita untuk bisa terbebas dari masalah kesehatan yang menyerang kelenjar tiroid.

Dalam hal ini mencangkup terapi ablasi iodium radioaktif, pemberian obat dan operasi. Namun demikian, penentuan solusi tersebut juga sangat ditentukan oleh adanya usia pasien yang bersangkutan.

Tindakan hipertiroidisme sering kali mendapatkan penanganan yang dalam hal ini berupa terapi ablasi iodium.

Hal ini dilakukan jika memang pengkonsumsian obat–obatan dirasa tidak lagi berhasil dalam mengatasi permasalahan pada bagian tersebut.

Padahal, jika ditelaah lebih lanjut, obat–obatan dan juga terapi radioaktif tersebut ditujukan untuk:

  1. Menggantikan fungsi hormon tiroid pada penderita hipotiroidisme
  2. Menurunkan kadar hormon tiroid pada tubuh bagi penderita hipertiroidisme
  3. Menghancurkan berbagai sel–sel tiroid

Tindakan memberikan obat–obatan pada penderita gangguan kelenjar tiroid ini juga dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan lain yang mungkin akan muncul seperti halnya pada percepatan detak jantung hingga perasaan berdebar yang sangat kurang nyaman.

Tidak hanya itu saja, tindakan operasi pada bagian kelenjar tiroid ini sangat dimungkinkan bagi penderita pembengkakan kelenjar tiroid. Bisa dibilang jika permasalahan pembengkakan ini tidak memberikan maslah yang besar dalam segi kesehatan. Meskipun demikian, jika hal ini terus saja dibiarkan, maka akan menyebabkan adanya resiko yang lebih parah lagi.

Permasalahan ini tentunya bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya dan solusi yang diberikan tentunya disesuaikan dengan usia dari pasien tersebut. melalui penanganan yang sesuai, maka permasalahan tersebut bisa terselesaikan sejak dini.

Jamur Maitake Membantu Proses Penyembuhan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memegang peranan penting dalam mengatur keseimbangan hormon tiroid yang berada dalam tubuh. Bentuk dari kelenjar ini sendiri yaitu seperti hewan kupu-kupu yang ukurannya kecil.

Gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit kelenjar tiroid yaitu merasa nyeri pada otot, terjadi peningkatan kolesterol sangat tinggi namun kenaikan berat badan hanya sedikit saja, tubuh menggigil, dan badan demam. Tubuh selalu lemas bila sedang terkena penyakit tiroid, hal ini menjadikan penderita tidak dapat melakukan kegiatan apapun.

Penyakit kelenjar tiroid disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berada pada kelenjar. Dalam kurun waktu yang lama infeksi akan semakin serius sehingga mengakibatkan peradangan.

Hal ini dapat menyebabkan munculnya benih kanker tiroid sehingga kita harus melakukan pengobatan sebelum terlambat. Ada berbagai macam pengobatan secara tradisional untuk menyembuhkan penyakit tiroid secara tradisional.

Salah satu pengobatannya yaitu dengan menggunakan jamur maitake. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit tiroid menyerang dengan cara infeksi bakteri dan virus.

Oleh sebab itu untuk melawan penyakit tersebut maka, tubuh harus selalu tetap fit dan daya tahan tubuh harus kuat. Jamur maitake kaya akan kandungan zat besi, bila dikonsumsi maka kandungan tersebut akan diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan zat besi dalam tubuh meningkat pesat.

Daya tahan tubuh terus meningkat untuk melawan penyakit tiroid sampai bakteri dan virus mati karena tidak mampu melakukan infeksi ke kelenjar tiroid.

Bila sudah terlanjur terinfeksi kelenjar tiroidnya maka makan saja jamur maitake sebanyaknya. Infeksi yang parah dapat menyebabkan kanker tiroid dan hebatnya jamur maitake juga dapat mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

Bagaimana caranya jamur maitake melawan kanker tiroid? Caranya yaitu dengan menggunakan zat antioksidan yang mampu membunuh sel kanker secara perlahan. Zat antioksidan yang diserap oleh tubuh akan secara aktif melawan sel kanker hingga mati.

Summary
Kelenjar Tiroid | Apa itu Kelenjar Tiroid, Penyebab dan Penyembuhannya
Article Name
Kelenjar Tiroid | Apa itu Kelenjar Tiroid, Penyebab dan Penyembuhannya
Description
Terkait dengan bagian kelenjar tiroid, dikatakan bahwa kelenjar ini memiliki peran yang penting dan sering kali permasalahan kesehatan muncul pada kelenjar ini. Jamur maitake dapat membantu proses kesembuhan kelenjar tiroid.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Facebook Comments